Uncategorized

9 TIPS HINDARI JET LAG

Ilustrasi

Infopenerbangan.comJet lag adalah perubahan waktu tidur sementara atau merasa lelah dan kebingungan setelah perjalanan panjang dengan melintasi beberapa zona waktu menggunakan pesawat terbang.

Gejala yang umumnya terjadi akibat jet lag adalah gangguan pada pola tidur, rasa selalu mengantuk, dan kelelahan. Hindari Jet Lag saat Anda bepergian menggunakan pesawat, dengan membaca 9 tips ampuh berikut ini.

  1. Jam Tidur, Sesuaikan jam tidur Anda selama beberapa hari sebelum pergi ke tempat tujuan. Agar perbedaan waktu tidak membuat Anda shock yang mengakibatkan jet lag.
  2. Percepat Jam, Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mempercepat jam dengan waktu tujuan ketika berada di pesawat. Agar tidak ada kata “TELAT” dalam perjalanan.
  3. Air Putih, Minumlah air putih sebelum, selama, dan setelah penerbangan. Udara kering di pesawat dapat mengakibatkan dehidrasi. Menurut penelitian, salah satu faktor yang menyebabkan jet lag adalah dehidrasi.
  4. No Alcohol & Caffeine, Selama penerbangan karena keduanya menyebabkan dehidrasi.
  5. Tidur, Jangan malu untuk tidur di pesawat, terutama bila Anda mendapatkan penerbangan pada malam hari dan it’s a long journey. Gunakan eye masks, headphones, atau bantal yang dapat membuat Anda tertidur lelap.
  6. Stay Awake, Jika perjalanan Anda adalah perjalanan dekat dan di hari yang sama berbagai urusan harus diselesaikan. Maka hindari tidur selama penerbangan. Baca, berbincang dengan penumpang lainnya dapat menjadi alternatif agar Anda tidak tertidur.
  7. Olah Raga, Lakukan peregangan ringan pada punggung, lengan, leher, dan kaki selama penerbangan atau olahraga ringan lainnya. Agar peredaran darah lancar dan Anda merasa rileks dan nyaman. Ada baiknya aktifitas yang Anda lakukan tidak mengganggu penumpang lainnya.
  8. Makan, Makanlah makanan yang mudah dicerna. Makanan dengan tinggi protein akan membuat Anda terus terbangun, jika tinggi karbohidrat akan membuat kita mengantuk, sedangkan fatty foods akan membuat lemas dan lamban. Sebaiknya perbanyak asupan buah-buahan dan juga sayur-mayur.
  9. Relaks, Bila Anda berpergian untuk tujuan bisnis, datanglah ketempat tujuan sehari sebelumnya. Tujuannya agar Anda dapat beristirahat dengan cukup dan menghilangkan jet lag. Selain itu Anda dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan, sehingga membuat tubuh terisi oleh energi baru.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close