News

ANGKASA PURA II TERAPKAN SMART DIGITAL AIRPORT

Infopenerbangan.com -Peningkatan kualitas layanan bandara menjadi perhatian serius PT Angkasa Pura (AP) II. Konsep ini semakin membuat wisatawan menjadi nyaman. Juga turut memudahkan mobilitas pengunjung bandara.

Menyeimbangkan hard infrastructure dan soft infrastructure bandara-bandara di bawah naungan AP II. Soft infrastructure akan diperbaiki menyeluruh. Konsep Smart Digital Airport ini sudah menjadi kebutuhan. Jumlah penumpang dan traffic pesawat tinggi, ujar Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin, Minggu (25/11/2018).

Dengan menguatkan aspek soft infrastructure, ada beberapa sasaran yang dibidik AP II. Mereka secara riil meningkakan level costumer experience-nya termasuk melahirkan konsep baru berbasis digital.

Ada juga platform operasi yang mengacu layanan dan komersialisasinya. AP II juga memiliki platform Airport Collaborative Decision Making yang melayani 15 stakeholder. Konsep ini mengakomodir airport operatorair line operator, hingga pemegang otoritas bandara.

Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta kini berkapasitas 17-18 Juta penumpang. Jumlahnya sangat kecil pada 1992 dengan kapasitas 9 Juta. Mengalokasikan anggaran Rp3,7 Triliun, revitalisasi 2 terminal lengkap 6 sub terminal Bandara Soekarno Hatta ini masing-masing memberi slot 25 Juta pada 2020. Pendekatan teknologi ini akan mengintegrasikan smart mobilitysecurity, hingga energi terbaru,” ujarnya Awaluddin.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerangkan, AP II banyak melakukan lompatan besar. Pengembangan konsep Smart Digital Airport pada seluruh bandara di bawah AP II menjadi sinyal positif pariwisata. Penerapan Smart Digital Airport di banyak bandara sangat dibutuhkan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close