Uncategorized

BANDAR UDARA SIBISA TOBA MULAI BEROPERASI LAYANI PENERBANGAN PERINTIS

Infopenerbangan.com – Bandar Udara Sibisa di Kawasan Startegis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba tepatnya di Desa Pardamean, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, mulai beroperasi.

Pesawat pertama sudah diuji coba dengan lepas landas dan mendarat di Bandar Udara Sibisa pada Jumat, 12 April 2019.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) berharap kedepan semakin banyak penerbangan yang akan masuk ke Bandar Udara Sibisa,” ujar, Arie Prasetyo kepada media.

Pengelolaan Bandar Udara Sibisa sejauh ini ditangani oleh Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perhubungan Udara. Meski sudah mulai beroperasi, BandarUdara Sibisa masih terus dalam tahap pengembangan, ujar Arie.

Bandar Udara Sibisa juga berpotensi menjadi bandara Hub untuk kegiataan olahraga kedirgantaraan. “Sudah ada terminal baru bagi penumpang. Sibisa juga bisa dilandasi penerbangan khusus atau charter flight,” lanjutnya.

Diharapkan dengan pengoperasian Bandar Udara Sibisa, ikut mendongkrak kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing untuk mengunjungi Kawasan Danau Toba. Berbagai destinasi yang sudah tersedia dan dikembangkan dapat semakin mudah diakses.

Apalagi letak Bandara Sibisa yang lebih dekat dari Kota Parapat, tempat yang dianggap sebagai pintu masuk kawasan Danau Toba.

Bandara Sibisa adalah bandara perintis yang dibangun di era kepemimpinan Presiden Soeharto pada 1977 silam.

Namun operasi maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini, Susi Pudjiastuti, hanya bertahan sampai Februari 2007. Setelah itu operasi Bandar Udara Sibisa ditutup hingga kembali dibuka.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close