Ragam

BANYAKNYA LAMPU-LAMPU DI PESAWAT, APA FUNGSINYA?

Infopenerbangan.com – Pesawat terbang memiliki banyak lampu yang dipasang di berbagai tempat, Lampu ini tentu saja bukan sekadar hiasan saja, tetapi setiap lampu memiliki nama dan fungsi masing-masing.

Lampu-lampu ini akan sangat berguna ketika pesawat melakukan penerbangan malam, meski ketika pada siang hari lampu tetap dihidupkan dengan sejumlah alasan.

Bagaimanapun meski teknologi radar sudah sangat canggih, lampu ternyata tetap dibutuhkan.

Kebanyakan lampu yang digunakan pesawat bertujuan untuk komunikasi dengan petugas Air Traffic Control (ATC) untuk melihat posisi dan kondisi pesawat, maupun dengan pesawat lainnya, Terlebih untuk kepentingan navigasi.

Apa saja jenis lampu pesawat terbang dan apa saja fungsinya?

Beacon light berada di bagian atas dan bawah badan pesawat, lampu ini berfungsi sebagai navigasi untuk mengetahui, itu adalah pesawat yang sedang mengudara, bisa terlihat dari jauh dan bisa dilihat oleh pesawat yang lain,Dengan begitu, pilot di setiap pesawat akan tahu keberadaan pesawat lain di dekatnya.

Wings light, kegunaaan Lampu ini membantu pilot melihat kondisi sayap sewaktu penerbangan, Sedangkan lampu navigasi dan logo membantu orang-orang yang di darat untuk mengetahui arah pesawat.

Take off dan taxi light yaitu lampu yang Berada di bagian rangka roda, lampu ini berfungsi saat lepas landas dan taxi. Lampu jarak jauh menyala saat take off, dan lampu jarak pendek menyala ketika melakukan taxiing.

Landing light Berada di antara turbin dan kabin pesawat, lampu tersebut digunakan untuk penerangan pesawat melakukan pendaratan kelandasan pacu.

Turn off lights adalah  Lampu ini biasa digunakan pilot untuk melihat kondisi jalan ketika masuk atau keluar landasan agar pilot tetap bisa melihat kiri dan kanan pesawat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close