DESTINATION

BEBERAPA MASKAPAI MULAI AJUKAN SLOT TERBANG MENUJU BANDAR UDARA YOGYAKARTA

Infopenerbangan.com – Kulon Progo Sejauh ini belum ada maskapai penerbangan yang akan mengoperasikan armada di Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) pada 29 April 2019.

Pasalnya, maskapai masih perlu memperoleh izin rute maupun slot penerbangan dari Bandar Udara yang didarati. Beberapa maskapai memperkirakan baru memperoleh kepastian itu paling cepat dua pekan ke depan.

Pertemuan HIRA merupakan ajang maskapai memastikan YIA memenuhi standar layanan, keamanan, dan keselamatan bagi penerbangan mereka.
Semua operator penerbangan di Indonesia mengikuti HIRA.

Mereka adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Slik Air, dan Air Asia, ujar Agus General Manager Bandar Udara Adisutjipto.

“Persoalan prosedur, bukan (persoalan) teknis (bandar udara). Teknis sudah selesai karena bandara sudah siap,” Juru bicara untuk YIA ini mencontohkan, dalam HIRA terungkap bahwa perwakilan Lion Air berminat membuka rute baru Denpasar-Yogyakarta yang mendarat di YIA.
“Mereka menyatakan bahwa pesawat mereka sudah aman dan bisa beroperasi (di YIA)

Kemudian kami tanya sejauh mana kesiapan mengajukan rute,” kata Pandu. Kini, maskapai hanya tinggal menunggu izin rute baru dan slot penerbangan di masing-masing bandara yang diajukan ke Kemenhub.

Sebelumnya, Pandu pernah mengungkap bahwa ada 3 maskapai sudah menyatakan komitmen untuk menerbangi YIA. Ketiganya, grup dari Garuda Indonesia, Air Asia Indonesia, dan Lion Air. Mereka akan membuka 5 rute baru ke YIA. Grup dari Lion Air bahkan berminat membuka 3 rute baru ini dari Bali, Batam, dan Balikpapan.

“Mulia hari ini yang bersangkutan (maskapai) harusnya sudah declare mengumumkan ke publik bahwa ada penerbangan ke daerah tertentu dan berapa kali,” jelas Pandu. Dengan belum ada kepastian yang diperoleh maskapai itu, maka YIA pun belum beroperasi pada 29 April 2019.

Presiden RI Joko Widodo yang sebelumnya berencana melakukan pendaratan perdana di Senin (29/4) juga dikabarkan batal datang. Belum ada rencana membuka operasi awal YIA pasca pembatalan ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close