News

CVR Bagian Black Box Pesawat Lion Air PK LQP Ditemukan

Sumber foto: Tribunenews.com

Infopenerbangan.com – Dua bulan pasca kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, 29 Oktober 2019 lalu, akhirnya Tim penyelam TNI Angkatan Laut gabungan dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Kawasan Barat berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR), Senin pagi tadi (14/1/2019).

CVR merupakan bagian dari kotak hitam pesawat, selain Flight Data Recorder (FDR) yang telah lebih dulu ditemukan. CVR ini merekam suara-suara instrumen di kokpit, bunyi alarm termasuk percakapan pilot di dalam kokpit, sehingga komunikasi antara pilot dengan ko-pilot di kokpit sebelum pesawat jatuh akan diketahui.

CVR pada dasarnya adalah alat perekam yang dihubungkan dengan sistem audio dan memiliki 4 saluran perekam percakapan. Saluran 1 terhubung dengan pengeras suara yang biasa digunakan pramugari kepada penumpang, Saluran 2 terhubung dengan co-pilot, Saluran 3 terhubung dengan pilot yang terhubung dengan air traffic controller (ATC) dan Saluran 4 merekam seputar suasa kokpit, misalnya mesin yang berisik atau hujan.

Dengan telah ditemukannya CVR yang merekam data-data percakapan pilot di dalam kokpit, ditambah FDR yang merekam data-data teknis pesawat seperti ketinggian, kecepatan, putaran mesin, radar, auto pilot dan lain-lain, maka penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610 di perairan Karawang akan segera terungkap.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close