News

ERUPSI GUNUNG AGUNG MENYEBABKAN, PENERBANGAN DARI BALI DI BATALKAN

Infopenerbangan.com – Kembali lagi erupsi Gunung Agung di Bali. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan kementeriannya akan terus memantau situasi Bali pasca-erupsi. “Kami akan terus mengupdate kondisi terkini mengenai erupsi Gunung Agung.

Polana mengimbau kepada penyelenggara bandara, maskapai, navigasi, maupun pihak terkait berkoordinasi terkait peristiwa erupsi Gunung Agung Bali. Ia juga meminta pihak-pihak itu memonitor situasi dan apabila menggangu keselamatan penerbangan maka bandara dapat ditutup sementara.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali, Elfi Amir menjelaskan saat ini terjadi hujan abu vulkanik ringan. Kondisi ini masih akan berlangsung sampai dengan pukul 01.00 Wita.

“Penumpang tidak perlu panik karena kita sudah memiliki SOP dan contigency plan jika terjadi VA. Sebab pemerintah melalui Ditjen Hubud tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan,” ujar Erni.

Terdeteksi abu vulkanik awalnya pada ketinggian sekitar 4000-5000m di ruang udara bandara I Gusti ngurah rai dengan intesitas sedang tapi agak tersebar namun saat ini intensitas telah berkurang 500 -1000 meter, letusan tersebut berlangsung empat menit dan 30 detik.

“Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai tetap beroperasi normal dan petugas ATC melaksanakan pemanduan pesawat secara taktikal menghindarkan pesawat masuk ke area yang terpapar debu vulkanik,” pungkasnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mencatat ada sembilan penerbangan yang dibatalkan. Empat di antaranya merupakan penerbangan tujuan Bali dan lima lainnya adalah penerbangan keberangkatan dari Bali.

Pembatalan penerbangan ini dilakukan sesuai dengan keputusan safety assessment airlines. Safety assessment dikeluarkan sesaat setelah Gunung Agung kembali bergejolak, ujar Polana.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close