NewsRagam

INI HARGA IDEAL BAGASI BERBAYAR

Infopenerbangan.com  – Terkait polemik penerapan tarif bagasi berbayar salah satu group maskapai penerbangan yang dinilai memberatkan penumpang, meski tidak melanggar aturan, namun menurut pandangan pribadi penulis, tarif bagasi sebesar Rp 25 ribu per kilo terbilang mahal.

Ini alasannya: Pertama, mengacu pada data historis rata-rata persen total pendapatan bagasi maskapai yang  sekitar 0,4 persen dari pendapatan penumpang dan dengan asumsi hanya 10 persen penumpang yang membayar bagasi lebih, maka rata-rata besaran ideal adalah sekitar 4 persen dari pendapatan penumpang atau Rp 12 ribu per kilogram.

Rata-rata tarif Bagasi Dom Rp 9 per Kg/Km

Jika diaplikasikan ke rute CGK-MES (yang berjarak 1.383 km) maka harga ideal bagasi bayar untuk 5 kg sebesar Rp 60 ribu. Berarti harga sebesar Rp 125 ribu per kilogram terbilang mahal. Diharapkan besaran tarif dapat diturunkan sebesar 52 persen dari tarif sebelumnya. Kedua, sesuai dengan azas prioritas angkut, urutannya adalah sebagai berikut, pertama penumpang itu sendiri, kedua bagasi yang dibawa oleh penumpang, baru selanjutnya adalah kargo. Yang namanya prioritas tentunya lebih mahal.

Coba kita hitung harga penumpang (sebagai prioritas utama) jika dihitung secara harga per kilogram adalah Rp 20 ribu (Rp. 1,5 juta : 75 kg berat rata-rata penumpang). Jadi tarif bagasi diatas yang sebesar Rp 25 ribu per kilogram, harganya lebih mahal atau diatas harga penumpang yang hanya Rp 20 ribu per kilogram. Sesuai prioritas, idealnya harga bagasi dibawah harga penumpang, namun diatas harga kargo.

Jika asumsi historis poin pertama diaplikasikan yaitu Rp 12 ribu per kilogram, hal ini akan menjadi wajar. Selanjutnya untuk harga kargo (prioritas ketiga) mengikuti dibawahnya sekitar Rp 5-10 ribu (tergantung komoditi).

Berita terkait : PRO DAN KONTRA BAGASI BERBAYAR

Namun ada satu hal yang perlu digaris bawahi, dalam rangka mendukung sektor pariwisata, idealnya untuk rute-rute tertentu khususnya menuju destinasi-destinasi wisata unggulan nasional, kebijakan bagasi gratis tetap diberlakukan dengan batasan-batasan tertentu. Sebagai contoh maskapai Citilink yang memberikan fasilitas bagasi gratis maksimal 10 kilogram bagi penumpang untuk rute Jakarta – Penang pp, Banyuwangi – Kuala Lumpur pp dan ke Denpasar Bali. Dalam hal penumpang membawa bagasi lebih dari 10 kg, maka akan dikenakan biaya bagasi.

Baca Juga: REKOR KENAIKAN TERTINGGI SAHAM GARUDA PASCA IPO

Penulis: Galih Rudyto (Trend Aviation Consulting)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close