Uncategorized

JELANG LIBUR NATAL & TAHUN BARU, MENHUB MINTA UJI KELAIKAN PESAWAT TERBANG

Gambar : Ilutrasi.

Info Penerbanagan.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pengecekan uji kelaikan (ramp check) pesawat terbang secara acak menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2019. Sebelumnya ramp check sudah dilakukan berkala.

Namun, tingginya permintaan penerbangan saat liburan Natal dan Tahun Baru membuat perlu adanya kepastian keamanan. “Ramp check sudah dilakukan rutin jadi menjelang Natal. Kami  minta random saja 70% maksimal,” ujar Budi usai memantau ramp check di Bandar Udara Soekarno Hatta, Sabtu (15/12/2018).

Budi mengatakan, ramp check tidak hanya dilakukan di Bandar Udara Soekarno Hatta, tapi juga dilakukan di beberapa Bandar Udara hingga 22 Desember mendatang.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan, pesawat dalam kondisi baik dan menegaskan bahwa sistem perawatan yang dilakukan juga berjalan dengan baik,”Saat ramp check tidak ada kesalahan mayor,” ujar Budi.

Saat ini total pesawat terbang yang telah melalui proses uji kelaikan sebanyak 160 unit pesawat. Angka tersebut masih belum memenuhi target bila dibandingkan dengan total pesawat yang mencapai 450 unit.

Selain kondisi pesawat, Budi juga menyebutkan kondisi pilot juga harus fit. Meski memiliki prosedur standar operasi, Budi meminta pengawasan untuk memastikan prosedur standar tersebut dijalankan dengan baik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close