Uncategorized

KENAPA SIH MEROKOK DALAM PESAWAT DILARANG

Infopenerbangan.com – Sebelum tahun 1990, penumpang dapat merokok di kabin pesawat. Bukti tersebut masih ada dari foto  penerbangan pada era tahun 1960-1970an.

“Ini mungkin sulit dimengerti oleh orang yang belum berusia paruh baya, tetapi orang-orang dapat merokok di dalam pesawat sampai 25 Februari 1990,” dilansir dari New York Times. Larangan merokok di kabin pesawat dipelopori oleh Amerika Serikat pada 1989.

Ilustrasi kabin pesawat era 1960-1970an. (messynessychic)

Peraturan larangan merokok akhirnya berlaku setelah bertahun-tahun pemerintah Amerika Serikat mendapat tekanan dari berbagai pihak, termasuk Association of Flight Attendants (Asosiasi Kru Kabin).

Pemberlakukan tersebut juga tidak berlangsung untuk semua rute penerbangan. Hanya berlaku untuk rute penerbangan domestik dengan durasi kurang dari enam jam.

“Dulu asap rokok  bergelung di kabin, sampai ketinggian wajah. Jadi sepanjang waktu bekerja, kau menghirup asap rokok,” UJAR mantan pramugari US Airways, Tracy Sear.

sehingga sekarang merokok merupakan tindakan terlarang selama  jadi penumpang pesawat. Banyak alasan mengapa dilarang. Mulai dari karena keamanan hingga kesehatan. Ini sebab pastinya!

Seperti diketahui, merokok memang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nah, di kondisi ruangan tertutup, merokok bisa lebih berbahaya lagi. Karena asap rokok hanya menguap di dalam ruangan saja. Inilah salah satu alasan kuat mengapa merokok dilarang di pesawat terutama dari sisi kesehatan. 

Arsip New York Times pada edisi tanggal 17 April 1988 pernah mengulas tentang implementasi larangan merokok di pesawat, ketika peraturan ini diberlakukan pertama kali. Karna disebutkan pertimbangan yang diambil pemerintah AS termasuk terkait masalah kesehatan. 

Disebutkan merokok di dalam kabin bisa membahayakan orang banyak. Lantaran, udaranya tidak bisa keluar dan hanya memutar di dalam. Jadi orang yang tidak merokok juga harus terpaksa menghirup asap rokok.


Selain itu, ada juga alasan keselamatan. Maskapai Varig dengan nomor penerbangan 820 yang terbang dari Brasil ke Paris jadi titik balik diberlakukan larangan merokok. Pesawat Boeing 707 ini terbakar karena api yang berasal dari toilet, menyambar ke bagian depan. 

116 Penumpang kehilangan nyawa dalam kecelakaan yang terjadi pada tanggal 11 Juli 1973 ini. Setelah ditelusuri, ternyata api ini berasal dari puntung rokok di tong sampah toilet yang belum mati sempurna. 

Jadi itulah penyebabnya yang kalian harus tau, semoga dapat membuat kalin lebih berhati hati terimakasih.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close