DESTINATIONDomestikHot NewsNews

MASKAPAI ASING DIDUKUNG MASUK KE INDONESIA OLEH AP II

Infopenerbangan.com – Presiden Jokowi mengundang maskapai asing sebagai salah satu cara agar harga tiket pesawat domestik turun seperti semula. Undangan tersebut pun spontan disambut antusias oleh 28 perusahaan maskapai Cina. Polemik tiket pesawat yang mahal dan tak kunjung turun seperti semula tampaknya belum akan berakhir.

PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan kesiapannya untuk mendukung usulan Presiden Jokowi terkait ingin membuka penerbangan domestik untuk maskapai asing. Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, sebagai operator bandara pihaknya mendukung rencana tersebut. Meski demikian, ada beberapa catatan yang harus menjadi pertimbangan pemerintah jika asing turut menggarap pasar penerbangan Indonesia.

“Kendati dari segi operasional bandara telah siap, aspek regulasi yang mengikat untuk membuka pintu lebar bagi maskapai asing harus disiapkan terlebih dahulu. Sebab, memasukkan maskapai asing ke Indonesia juga telah diatur dalam peraturan perundang-undangan,” ujar Awaludin.

Awaluddin menekankan, aspek yang harus dipastikan terkait asas cabotage. Selain itu, AP II ingin agar tercipta kesempatan berusaha yang setara antara maskapai asing dan domestik yang selama ini telah berkontribusi dalam pembangunan konektivitas udara.

“Mereka (maskapai asing) yang baru masuk perlu dipertimbangkan untuk juga melayani rute-rute perintis. Memang badan usaha yang baru masuk harus melakukan hal yang sama. Secara prinsip, kami selaku operator bandara sangat mendukung,” ujar Awaluddin.

Sementara itu, Menteri Koordinator Darmin Nasution menambahkan, saat ini karena maskapai di Indonesia hanya ada dua kelompok besar yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air, jadi perubahan harga tidak akan berbeda di antara kedua kelompok maskapai ini.

Ia mengatakan, terjadi duopoli di industri penerbangan Indonesia. Alhasil, harga dapat dengan mudahnya naik tajam dan sulit turun meskipun berbagai langkah telah ditempuh pemerintah.

“Idealnya, kalau struktur pasar cenderung memberikan kekuatan pada produsen, maka jawabannya, undang saingannya supaya dia turunkan harga. Tentu maskapai yang ada dia akan berteriak,” pungkas Darmin.

Meskipun demikian, pemerintah akan terus mendukung hal ini karena menurut Darmin, agar harga tiket pesawat tidak naik setajam seperti saat ini karena pasarnya hanya duopoli.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close