Ragam

MELIRIK PROFESI AIR TRAFFIC CONTROLLERS

Infopenerbangan.com – Lapangan pekerjaan di dunia aviasi semakin luas. Salah satunya sebagai pemandu lalu lintas udara.

Pemandu Lalu Lintas Udara atau Air traffic controllers adalah profesi yang terdekat dengan pilot selama di udara.

Seorang ATC bertugas untuk memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara guna mencegah terjadinya tabrakan antarpesawat, mempercepat dan mempertahankan pergerakan lalu lintas udara, memberikan saran dan informasi yang berguna untuk keselamatan dan efisiensi pengaturan lalu lintas udara, memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam pencarian pesawat yang memerlukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan organisasi yang dipersyaratkan.

Peran ATC sangat besar dalam tercapainya tujuan dan keselamatan penerbangan. Semua aktivitas pesawat di dalam Manoeuvring Area diharuskan mendapat mandat terlebih dahulu dari ATC. Selanjutnya ATC akan memberikan informasi, instruksi, clearance/mandat kepada pilot sehingga tercapai tujuan keselamatan penerbangan.

Semakin berkembangnya transportasi udara di Indonesia, maka kebutuhan akan SDM juga semakin meningkat, baik untuk perusahaan penerbangan, MRO, maupun SDM untuk bandar udara, termasuk pemandu lalu lintas udara yang bertugas di tower atau menara di bandar udara.

Hanya saja pencetak SDM profesi ini sangat terbatas, diantaranya di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya, dan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close