Ragam

MENIKMATI KESEJUKAN KOTA TINUTUAN

Infopenerbangan, Kota Tinutuan (Manado) adalah ibukota provinsi Sulawesi Utara. Kota ini dikelilingi pegunungan, sehingga membuat kota ini sejuk. Manado berada di tepi pantai Laut Sulawesi, tepatnya di Teluk Manado. Di sana banyak tempat wisata yang sangat indah. Objek wisata di sana, diantaranya adalah :

Danau Tondano

Danau Tondano adalah danau terluas di Provinsi Sulawesi UtaraIndonesia. Danau ini merupakan danau penghasil ikan air tawar seperti ikan mujair, pior/kabos, payangka wiko (udang kecil), nikesepat siang (arwana), tawes, pongkor, bontayan, lobster hitam, gurame kupu-kupu, karper.

Dengan pemandangan yang indah, asri, dan teduh membuat pengunjung betah dan senang berlama-lama di daerah Danau Tondano ini. Danau ini diapit oleh tiga gunung, yaitu Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang.

Kota Tomohon

Manado juga dikenal dengan sebutan Kota Bunga, karena memiliki taman bunga cantik yang tertata rapi, tidak kalah dengan keindahan wisata alam yang lain. Terletak di Kota Tomohon yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Manado. Di kota ini, warga menanam banyak bunga-bunga cantik karena tanah yang subur.

Wisatawan sebaiknya datang di antara bulan Juni sampai Agustus, karena ada festival bunga hias dan bisa melihat parade bunga serta berbagai pertunjukan seni di sepanjang jalanan kota. Bagi para wisatawan yang masih belum puas menjelajahi sekitar daerah Tomohon, tidak usah khawatir karena terdapat banyak penginapan di sekitar Tomohon, jadi tidak usah khawatir untuk menikmati tempat-tempat wisata yang tidak kalah menariknya.

Taman Laut Bunaken

Merupakan pemandangan terindah di dunia yang paling menakjubkan, taman laut Bunaken ditetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia tahun 2005 oleh Unesco.

Maka dari itu, tidak heran kalau banyak biota laut, aneka ragam terumbu karang, ikan yang berwarna warni dan cantik, membuat tempat ini menjadi seperti surga bagi pecinta kegiatan menyelam, snorkeling dan fotografi. Ada lebih dari 30 titik selam yang ada, dan tentu membuat kita betah berlama-lama menyelam. Jika tidak bisa berenang, tidak usah takut, karena kita bisa berwisata dengan kapal selam khusus dengan kaca transparan sebagai dinding supaya kita bisa melihat pemandangan bawah laut dengan jelas. Meskipun kita bisa datang kapanpun, tetapi yang paling baik adalah bulan Maret sampai Agustus.

Pulau Manado Tua

Pulau yang berjarak sekitar 16 kilometer dari kota Manado, merupakan salah satu pulau yang juga wajib dikunjungi wisatawan yang suka menikmati keindahan alam. Pulau yang memiliki gunung berapi dan banyak pohon rindang ini memiliki panorama bawah laut yang spektakuler, tidak kalah dibandingkan dengan Bunaken dan Pulau Siladen. Pulau Manado Tua juga pernah menjadi salah satu lokasi pelaksanaan World Ocean Conference di tahun 2009 silam, membuat penduduk sekitar merawat dan menjaga kebersihan pulau ini.

Taman Wisata Tandurusa

Bagi wisatawan yang suka melihat binatang unik, tidak ada salahnya melihat koleksi hewan di taman wisata Tandurusa. Taman yang bertempat di Kecamatan Aertembaga dan berjarak sekitar dua jam dari pusat kota Manado ini memiliki banyak koleksi binatang endemik yang beragam khas Sulawesi.

Tidak akan bosan menjelajah taman wisata ini, karena sarat informasi dan memiliki banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dipelajari. Mulai dari babirusa, monyet hitam, tarsius, sampai berbagai jenis burung bisa ditemui di taman wisata ini. Tarsius sudah menjadi ikon Sulawesi Utara. Binatang yang bentuknya menyerupai monyet tetapi bertubuh tak lebih besar dari 15 centimeter ini memiliki tangan dan kaki yang berukuran lebih panjang dari tubuhnya. Ciri lain yang mencolok dari binatang ini adalah matanya yang bulat dan besar, berukuran hampir separuh dari wajahnya.

Kuliner Khas Manado

Kuliner khas Manado sangat bervariasi dengan campuran beberapa bumbu yang cocok untuk lidah. Makanan Manado sering ditambahkan dengan bumbu pedas yang dinamai rica-rica. Penggunaan rica-rica sangat diminati pecinta pedas khususnya masyarakat Manado.

Kuliner sedap khas Manado diantaranya: Woku Blanga, Ikan woku yang dimasak dengan bumbu kuning dan pedas, Tinutuan (bubur Manado), Ikan cakalang fufu yang diasapi.

Ada pula Pakini (masakan daging kelelawar yang begitu populer), Sambal ikan roa, Es brenebon. Bukan cuma itu, masih ada Saguer, yaitu minuman sejenis arak atau tuak yang berasal dari pohon enau. Minuman ini memiliki kandungan alkohol rendah. Namun ada pula yang beralkohol tinggi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker