NewsRagam

NEGARA DENGAN HARGA TIKET PESAWAT TERMURAH DAN TERMAHAL DI DUNIA

Infopenerbangan.com – Beberapa hari terakhir ini, netizen Indonesia sedang mengeluhkan akan naiknya tiket pesawat yang dinilai terlalu tinggi.

Sebab, hari libur nasional seperti libur Natal dan Tahun Baru sudah lewat. Namun nyatanya harga tiket di hari-hari biasa sama mahalnya.

Beberapa orang mengklaim banyak harga tiket pesawat yang sudah naik hampir dua kali lipat. Selain itu, adanya keputusan maskapai low cost seperti Lion Air dan Citilink untuk menghapus layanan bagasi gratis.

Hal ini lantas membuat biaya menggunakan jasa transportasi udara akan semakin mahal. Seperti yang kita tahu, beberapa negara terkenal punya harga tiket pesawat yang murah. Sebaliknya, ada juga negara-negara yang harga tiket pesawatnya sangat mahal meski untuk tujuan domestik.

Perbandingan harga tiket pesawat di 75 tujuan wisata populer. Situs tersebut menghimpun data dari penerbangan domestik juga internasional, baik maskapai low cost maupun full service.

Perbandingan harga tersebut juga dihitung baik pada peak season dan off peak season. Hasilnya adalah harga tiket rata-rata untuk perjalanan per 100 kilometer.

Mengutip Lonely Planet, India adalah negara yang menempati peringkat pertama tiket pesawat termurah. Harga tiket rata-rata per 100 kilometer adalah Rp43.741. Untuk perjalanan domestik, harganya bahkan lebih murah yakni Rp30.500 per 100 km.

Negara kedua dengan harga tiket pesawat termurah adalah Malaysia, yaitu Rp50.886 per 100 kilometer.

Rusia juga punya harga tiket pesawat cukup murah yakni Rp80.000 per 100 kilometer. Namun untuk Rusia, harga tiket hanya murah untuk rute internasional. Lain halnya dengan rute domestik, yang harga tiketnya bisa dua kali lipat.

Sementara itu, negara dengan harga tiket pesawat tertinggi adalah Uni Emirat Arab yaitu Rp1,4 juta per 100 kilometer. Negara termahal kedua adalah Finlandia, dengan harga tiket Rp686.000 per 100 kilometer. 


Sebagai contoh saja, jarak antara Jakarta ke Bali menggunakan pesawat terbang adalah 963 km.

Jika menggunakan harga di Uni Emirat Arab, maka Rp1,4 juta per 100 kilometer dikali 963 km adalah Rp13,4 juta.

“Mengetahui negara mana yang harga tiket pesawatnya paling murah bisa jadi acuan untuk rencana perjalanan berikutnya.” Bagaimanapun, harga tiket pesawat di berbagai belahan dunia memang menurun. Ini karena harga minyak dunia yang juga menurun drastis.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close