DESTINATIONRagam

NOMADIC TOURISM, NUANSA BERBEDA MENIKMATI KEINDAHAN DANAU TOBA

Infopenerbangan.com – Buat Anda yang bosan dengan pantai atau gunung, Danau Toba bisa jadi salah satu alternatif terbaikmu untuk liburan. Suasana baru yang pastinya berbeda dengan tempat wisata pada umumnya dan bakal bikin Anda betah dan enggan untuk pulang.

Danau terbesar se-Asia Tenggara ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman 1.600 meter. Pemandangan yang akan Anda dapatkan di sana sungguh priceless dan pastinya bikin Anda gak bisa lupa. Anda juga bisa merasakan tenda perkemahan bernuansa hotel berbintang 5.

Salah satu lokasi yang perlu Anda singgahi untuk merasakan keindahan Danau Toba dari balkon yang menghadap langsung ke Toba adalah di The Kaldera-Toba Nomadic Escape. Lokasi berkonsep nomadic ini menghadirkan sejumlah amenitas yang sangat ramah bagi para wisatawan.

Kepala Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo menjelaskan amenitas yang dihadirkan di The Kaldera beragam.

“Kita menghadirkan pilihan untuk para wisatawan pengembara, atau nomadic tourism. Ada Bubble Tent, Bell Tent, Cabin, dan juga Ecopod. Tentu ini akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada para wisatawan,” ujar Ari sesuai lansiran detiktravel.

Bell Tent sangat luas dan nyaman untuk menginap bersama teman, sahabat, dan keluarga. Karena di dalamnya terdapat 4 kasur besar. Dua kasur springbed utama yang terletak di tengah tenda, plus dua tenda kecil yang berada di samping kanan dan kirinya. Selain itu terdapat pula lemari kecil.

“Bell Tent adalah tenda yang memiliki fasilitas hotel bintang 5, jika wisatawan berada di dalamnya, ia tetap mendapatkan kenyamanan layaknya menginap di hotel berbintang. Tetapi saat ia keluar kamar, ia akan mendapatkan view alam Danau Toba yang sangat eksotis,” jelasnya.

Keunikan lainnya Bell Tent, di dalamnya dilengkapi listrik, lengkap dengan pemanas air. Dengan adanya listrik, tak perlu juga khawatir soal penerangan, karena dijamin terang.

Turut menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak para wisatawan untuk menikmati The Kaldera, serta mendapatkan sensasi yang lain dalam berwisata.

“The Kaldera akan memberikan pengalaman berbeda untuk menikmati Danau Toba. Pengalaman yang tidak akan bisa terlupakan. Karena kalian bisa menginap di dalam tenda dengan fasilitas hotel bintang lima. Dan belum banyak destinasi yang menerapkan hal ini,” papar Arief.

Soal transportasi ke sana, ada beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perjalanan wisata menuju Danau Toba yaitu, via udara atau naik pesawat terbang atau menggunakan kapal laut.

Buat Anda yang melakukan perjalanan udara, dari Jakarta misalnya, Anda bisa naik pesawat dengan harga tiket sekitar Rp. 1.900.000,- sekali keberangkatan dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Turun di Bandara Udara Silangit, Siborong-borong Anda melanjutkan perjalanan dengan mobil yang hanya memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke Parapat. Sewa mobilnya sekitar Rp. 350.000,-.

Nah jika Anda ingin naik kapal laut menuju danau Toba harus memiliki fisik kuat. Karena perjalanan dengan kapal ini menghabiskan waktu yang cukup lama, walau harganya lebih murah sehingga sangat cocok bagi Anda para backpackers.

Perjalanan yang dimulai dari pelabuhan di Jakarta akan berhenti di Pelabuhan Belawan. Perjalanan selanjutnya akan diteruskan ke terminal Amplas Medan untuk mencari bus atau travel menuju Danau Toba.

Untuk menuju ke Samosir, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk menyebrang ke Pulau Samosir, hal ini dikarenakan tempat-tempat penyeberangan berada di beberapa wilayah.

Tak hanya itu, untuk menyeberang ke Pulau Samosir, tak selalu harus menggunakan kapal ferry, Anda juga bisa menggunakan speed boat, kapal wisata dan kapal penumpang bila Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Ada pilihan lain dengan speed boat, memang harga sedikit mahal dan goncangan ombak akan lebih kuat dibanding dengan yang lainnya. Untuk speedboat Anda akan dikenakan biaya sekiar Rp. 500.000,-. Mahal memang tapi Anda lebih puas untuk menjelajah Danau Toba sebelum sampai ke Samosir.

Untuk penginapan sendiri ada banyak sekali di sekitar daerah Parapat dengan biaya yang cukup terjangkau. Dalam memilih penginapan sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan penginapan dengan fasilitas bagus dan harga terjangkau. Anda bisa cek link ini https://cottageparapat.com/ sekaligus juga untuk pemesanan penginapan.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan semoga liburan Anda ke Danau Toba bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan, salam kami Infopenerbangan.com. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close