DomestikNews

PEMERINTAH LOMBOK BUKA RUTE PENERBANGAN INTERNASIONAL

Infopenerbangan.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menjalin kerja sama dengan maskapai AirAsia untuk membuka rute penerbangan Perth, Australia ke Lombok. Untuk memacu wisatawan mancanegara. Penerbangan langsung dari Perth, Australia ke Lombok ini akan mulai beroperasi pada Februari 2019.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan pembukaan penerbangan langsung Perth-Lombok itu bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke destinasi-destinasi wisata Pulau Lombok dan Sumbawa.

Saat ini pemerintah Lombok sudah memperkencangkan promosi untuk mengembalikan awareness wisatawan bahwa Lombok dan Sumbawa sudah aman untuk dikunjungi.

Gubernur NTB mengatakan AirAsia akan menerbangkan pesawat berkapasitas 180 orang melayani rute Perth-Lombok.

Untuk memenuhi rute tersebut pemerintah memberikan kompensasi kepada AirAsia yang bernama ‘block seat‘ artinya setengah dari kursi ditanggung oleh pemerintah daerah. Dan ternyata pembiayaan ‘block seat’ diambil alih oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) selama enam bulan.

Tidak hanya AirAsia, Pemprov NTB juga menjalin kerja sama dengan maskapai Lion Air untuk merealisasikan penerbangan langsung dari Guangzhou (China)-Lombok dan Lombok-Jeddah (Arab Saudi).

Dengan dibukanya rute Guangzhou-Lombok karena potensi wisatawan dari Tiongkok sangat besar, saat ini mereka menggunakan dengan model penerbangan carter dari beberapa kota di China ke Lombok.

“Memang butuh ikhtiar lebih untuk merealisasikan penerbangan Lion Air rute China-Lombok. Kami masih merumuskan bentuk yang paling ideal namun realistis dengan Lion Air,” kata Zulkieflimansyah.

Selain rute luar negeri, Pemprov NTB juga mengembangkan rute domestik, Lion Air dan Wings Air siap membuka rute penerbangan langsung Lombok-Labuan Bajo (NTT) dan Bima-Labuan Bajo.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close