Ragam

PENASARAN APA SAJA PERSYARATAN SEBAGAI GROUND STAFF DI BANDAR UDARA? SIMAK BERIKUT INI!

Infopenerbangan.com – Saat ini dunia penerbangan di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dimana pemerintah tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan bandar udara di seluruh pelosok Indonesia.

Dengan pesatnya pembangunan bandar udara tersebut, otomatis kebutuhan akan SDM di bandar udara semakin tinggi, termasuk staf di bandara (ground staff).

Ground Staff merupakan staf yang bekerja di darat atau bandar udara. Tugas staf ini bermacam-macam ada yang mengurusi dokumen dan tiket penumpang, hingga penanganan barang-barang yang dibawa penumpang.
Gaji Ground Staff ini juga terbilang cukup memuaskan. Bagi Anda yang tertarik dengan profesi ini, simak persyaratan-persyaratan umum yang perlu diketahui:

KALIAN HARUS TAU JIKA BERCITA-CITA BEKERJA DI BANDAR UDARA
Sumber: ADS Advance
  1. Usia
    Dalam melamar pekerjaan biasanya ada ketentuan usia minimal dan maksimalnya. Begitupun juga syarat untuk bekerja di Bandar Udara. Meskipun antar maskapai atau bandar udara berbeda, tapi untuk usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal bisa sampai 35 tahun.
  2. Tinggi Badan Minimal
    Syarat tinggi badan berhubungan erat dengan penampilan. Profesi sebagai Ground Staff mengandalkan penampilan. Fisik yang tinggi tentu meningkatkan kepercayaan diri dalam melayani costumer. Tinggi badan minimal staf bandar udara, berkisar antara 158-160 cm untuk wanita dan 165-170 cm untuk pria.
  3. Memiliki Berat Badan Ideal
    Untuk menentukan berat badan idealnya bisa menggunakan kalkulator BMI (Bbody Mass Index), yaitu metode yang dipakai untuk melakukan perbandingan antara berat dengan tinggi tubuh. Metode ini membagi hasil ke dalam 5 kategori yaitu kurus, normal/ideal, gemuk, obesitas 1, dan obesitas.
  4. Sehat Jasmani dan Rohani
    Sehat jasmani dan rohanipun sudah tentu menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi untuk bekerja di bidang penerbangan. Apalagi jika menjadi petugas Avsec (Aviation Security) yang melakukan pengamanan dan keselamatan di bandar udara, maka fisik yang prima penting dimiliki.
    Untuk memastikannya, dilakukan tes kesehatan yang disebut dengan medical examination atau medex. Pemeriksaan medex mencakup kesehatan jantung, paru-paru , test urine , kesehatan mata , telinga dan fisik menyeluruh.
  5. Pendidikan Minimal
    Intelektual dan wawasan juga adalah aspek terpenting untuk bekerja di penerbangan. Oleh karenanya pendidikan minimal menjadi salah satu persyaratan dasar yang wajib dipenuhi. Pendidikan minimal untuk dapat bekerja sebagai Ground Staff adalah minimal SMA/Sederajat.
  6. Berpenampilan Menarik dan Berkepribadian Baik
    Setiap orang tentu ingin selalu bisa tampil serasi dan menarik supaya disukai oleh orang lain atau bisa di bilang mempunyai karismatik. Karena penampilan menarik mencerminkan kepribadian seseorang.
    Orang yang berpenampilan menarik akan dinilai pula sebagai sosok yang berkepribadian baik. Berpenampilan menarik bukan berarti harus cantik/tampan atau berkulit putih bersih. Penampilan diri begitu penting tidak hanya pada profesi penerbangan tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Dapat Berkomunikasi Dengan Baik
    Komunikasi yang baik merupakan salah satu syarat dasar bekerja di bandar udara. Di dalam pekerjaan kita berhubungan dengan pihak lain (atasan, bawahan, teman sekerja), dimana harus terjalin komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik. Hal ini sangat penting, terutama sikap kerja sama untuk mencapai cita-cita pribadi/kelompok, serta untuk mencapai tujuan dari perusahaan itu tersebut.
    Selain itu, komunikasi juga sangat bermanfaat saat sedang berinteraksi dengan orang lain atau kepada kelompok lain terlebih profesi Ground Staff yang banyak berhubungan dengan orang. Kepandaian komunikasi ini penting demi kepuasan dan kenyamanan para penumpang.
    Ada lagi satu faktor lagi yang bisa membuat komunikasi menjadi lebih baik, yaitu kemampuan berbahasa asing dalam hal ini Bahasa Inggris serta jika bisa ditambah Bahasa Mandarin.
  8. Kemampuan Menangani Pelanggan
    Profesi Ground Staff seperti disebutkan diatas adalah profesi yang banyak berhubungan langsung dengan pelanggan. Dari banyaknya pelanggan/penumpang tersebut pastilah karakter atau watak mereka berbeda-beda. Ada yang kalem tapi ada juga yang tidak sabaran sampai marah-marah saat terjadi delay penerbangan. Cara atau kemampuan menangani penumpang ini adalah hal penting.
    Cara Penanganan komplain bisa lebih efektif apabila Ground Staff (front-liner) mampu mencari informasi dari pelanggan sebagai dasar untuk memberikan solusi yang tepat. Selain itu, informasi riil di lapangan akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk memperbaiki standar layanannya atau langkah-langkah perbaikan internal selanjutnya.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close