Uncategorized

PENERBANGAN INTERNASIONAL TERAKHIR DI ADISUTJIPTO PER 28 APRIL

Infopenerbangan.com – Bandara baru Kulonprogo, New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan mulai dioperasikan tanggal 29 April 2019. Di awal operasional nanti, bandara baru ini akan digunakan untuk penerbangan internasional. Otoritas bandara baru, PT Angkasa Pura I akan memindahkan rute penerbangan internasional bandara Adisutjipto.

Juru bicara Proyek NYIA yang juga General Manager PT Angkasa Pura I bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengungkapkan setidaknya ada empat penerbangan internasional yang dilakukan oleh dua maskapai masing-masing Silk Air dan Air Asia yang rutenya akan dipindah ke bandara baru Kulonprogo dari Bandara Udara Adisutjipto.

Lanjutnya, senenarnya, ada 6 penerbangan internasional yang existing di Bandar Udara internasional Adisutjipto, namun hanya 4 penerbangan yang beroperasi di bandara baru Kulonprogo. Sebab dua maskapai lainnya masih melakukan penerbangan mix alias melayani rute internasional serta domestik.

“Nah nanti menunggu maskapai tersebut siap,”  tegasnya.

Untuk tahap awal memang baru ada empat penerbangan internasional yang beroperasi di bandara ini. Seiring dengan hal tersebut pihaknya membuka kesempatan kepada maskapai penerbangan untuk mendaftarkan jurusan baru mereka, terutama rute internasional.

PT Angkasa Pura I memang baru mengoperasikan bandara di Kulonprogo untuk penerbangan internasional dan belum ada penerbangan domestik. Sebab, saat ini fasilitas penunjang bandara baru belum begitu lengkap seperti kondisi jalan ataupun moda transportasi pendukung lainya seperti Kereta Api.

“Seperti kita ketahui, jalur kereta api sampai sekarang belum bisa,”tambahnya.

Jika penerbangan domestik dilaksanakan di Bandara Udara NYIA maka ia khawatir akan menambah kepadatan (crowdit) di kawasan seputaran Bandara Udara. Di samping itu memang masih banyak penunjang lainnya untuk penerangan domestik terutama transportasi.

Agus mengatakan, pihaknya mengoreksi sebutan operation minimum karena sejatinya untuk penerbangan memang harus memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah. Dan untuk awal penerbangan nanti memang baru terbatas jurusan internasional semata.

“Dengan penerbangan internasional di Kulonprogo, maka penerbangan internasional Adisutjipto juga dihentikan. Penerbangan internasional di Adisutjipto terakhir tanggal 28 April mendatang,”tutupnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close