Ragam

PROSEDUR TERBANG DAN AKTUALISASI CUACA

Infopenerbangan.com – industri penerbangan merupakan salah satu bisnis yang sarat dengan keselamatan dan tidak adanya keraguan, tak heran bila adanya kepatuhan safety first. Seluruh saluran diikuti sesuai devinisi dan kemampuan SDM ( Sumber Daya Manusia ), salah satunya bagi penerbangan.

Bagaimana semestinya prosedur pilot sebelum terbang?

Setiap akan terbang, pilot harus mengisi flight clearance ( flight plan ) di briefing office, biasanya berlokasi dekat ATC Tower yang ada tulisannya C warna hitam dengan latar belakang kuning. Maksudnya adalah “PILOT REPORT HERE”.

Pilot harus melaporkan atau memberitahukan rencana penerbangan dalam mendapatkan izin terbang. Di sana pilot akan di briefing atau ditunjukan tentang ramalan cuaca, kondisi cuaca terbaru di Bandar Udara keberangkatan, tujuan, alternative dan rute perjalanan.

Pada maskapai dengan jadwal penerbangan banyak, biasanya sudah diganti dengan repetitive flight plan (RPL),berupa daftar penerbangan yang diwakilkan oleh perusahaan kepada flight dispatcher (F/D) yang mempunyaiFOO licence, kemudian mereka menyampaikan kepada pilot di ruang flight dispatch di masing-masing airline.

Foto: contoh Flight Plan FAA

Mengapa ada pilot yang mengandalkan aktualisasi cuaca dari internet? Bolehkah?

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ini cuaca sudah dapat di-download (unduh) dari internet, berwarna dan kualitasnya sama dengan cuaca yang tersedia di briefing office. Bahkan tidak hanya dari badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MBKG), kondisi cuaca terbaru juga biasa diperoleh dari institusi internasional.

Mengapa di penerbangan pilot tidak boleh ragu?

Bahwa seluruh pergerakan penerbanganharus safe (pasti selamat), pilot tidak boleh ragu, karena semunya didasari oleh perhitungan atau kalkulasi ilmiah, safety, kompetensi, dan regulasi yang dituangkan dalam perencanaan penerbangan atau scenario yang sudah disiapkan

Sumber : Aviasi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close