DomestikNews

TIKET MAHAL, PENUMPANG PESAWAT ANJLOK 30%

Infopenerbangan.com – Jumlah penumpang saat musim ramai yang menggunakan pesawat udara mengalami penurunan di mudik tahun ini. Penurunan terjadi baik dari jumlah penerbangan dan jumlah penumpang.

“Salah satu faktornya karena mahalnya harga tiket, ujar Ketua Harian Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019, Sigit Irfansyah, di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub),

Berdasarkan data yang di dapat dari Kementerian Perhubungan, dari 36 Bandar Udara yang dilihat dari H-7 hingga H-2 Lebaran 2019 terjadi penurunan jumlah penerbangan 30,08% dibanding jumlah penerbangan tahun sebelumnya. Tahun lalu ada 13.921 penerbangan, sementara tahun ini sebesar 9.733 penerbangan.

“Jumlah penumpang tahun 2018 angkanya 1,7 juta lebih penumpang, namun tahuni ini 1,2 juta penumpang. Maskapai selain menurunkan jumlah armada karena penumpangnya drop turun,” ucapnya.

Kebanyakan penurunan aktivitas pesawat terjadi pada penerbangan-penerbangan pendek. Penerbangan pendek itu misalnya Jakarta-Semarang dan Solo-Semarang. Itu karena tarif pesawat yang naik signifikan, tambah Sigit.

Extra flight penerbangan domestik sampai dengan tanggal 2 Juni 2019 untuk penerbangan domestik sebesar 256 flight atau terjadi penurunan sebesar 27,68% dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan jika dibandingkan dengan rencana persetujuan terbang (flight approval) telah terealisasi sebesar 23,49%.”Kalau kita cek di Traveloka itu masih ada pesawatnya. Beda dengan Kereta Api (KA) yang sold out.” Pungkas Sigit

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close