Ragam

TIPS AGAR TETAP NYAMAN SELAMA PENERBANGAN HAJI

Infopenerbangan,- Perjalanan ke tanah suci dengan pesawat terbang membutuhkan waktu cukup lama. Jika lancar, sekitar sembilan jam dari Jakarta. Banyak kegiatan fisik yang sangat melelahkan saat kita menjalankan ibadah haji. Kondisi iklim dan cuaca di Tanah Suci sangat jauh berbeda dengan Indonesia. Berikut adalah tips bagi calon haji jamaah agar nyaman saat melakukan penerbangan haji :

Gunakan Pakaian Nyaman

Pakaian yang nyaman bisa menambah kelancaran perjalanan jauh. Pilihlah pakaian dengan bahan yang lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Pakailah jaket atau sweater sebagai tambahan penghangat tubuh, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan udara di dalam kabin.

Berkenalan dengan Jamaah Lain

Kebosanan adalah suatu hal yang pasti muncul di setiap penerbangan panjang. Untuk mengurangi kebosanan tersebut para calon jamaah bisa bercengkerama seperti mengobrol, diskusi atau bertanya dengan teman sekitar kursi duduk. Beberapa pesawat ukuran besar tidak menyediakan layar hiburan.

Banyak Mengonsumsi Air Putih dan Makan

Agar penerbangan menjadi lebih nyaman, minumlah air putih yang cukup. Minum dan makan selama penerbangan merupakan solusi yang diwajibkan oleh kalangan ahli kesehatan agar kondisi tubuh dan kesehatan penumpang tetap terjaga.

Tidur yang Cukup

Istirahat sangat penting bagi tubuh Anda pada penerbangan panjang. Awak pesawat biasanya menyediakan penutup telinga dan penutup mata yang bisa membantu Anda agar tidur lebih cepat dan nyenyak. Manfaatkan selimut, penutup mata dan sumbat telinga yang biasanya diberikan oleh pihak penerbangan untuk membantu Anda tidur tanpa gangguan.

Olah Raga Ringan

Selama penerbangan, penumpang dapat menggerak-gerakkan tangan dan kaki sebagai olahraga ringan dari tempat mereka duduk. Hal ini dilakukan untuk meregangkan otot yang kaku. Menggerakkan tubuh saat duduk di kursi pun bisa jadi salah satu alternatif.

Menyibukkan Diri

Alihkan perhatian Anda dengan berbagai cara, misalnya membaca buku, mendengarkan music, mengajak teman sebangku ngobrol. Jamaah juga disarankan untuk membaca baik membaca Alquran, buku doa, atau buku panduan manasik. Membaca dapat membuat pikiran Anda fokus pada bacaan tersebut.

Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close