Ragam

TIPS MENGHEMAT BAGASI SAAT LIBURAN MUDIK

Infopenerbangan.com -Momen libur Lebaran tinggal menghitung hari, mudik memang sudah menjadi rutinitas seseorang ketika sedang berada di perantauan, aktivitas mudik ini dilakukan ketika hari libur panjang atau hari besar.

Kelebihan bagasi pastinya menyebalkan dan sering mengubah mood saat berlibur, Anda bisa saja diminta untuk mengeluarkan sejumlah barang dari koper supaya bisa mendapatkan bobot yang sesuai dengan ketentuan dari maskapainya.

Setiap maskapai membolehkan Anda untuk membawa tas atau barang bawaan pribadi seberat maksimal 7 Kg untuk bisa masuk ke kabin, manfaatkan dengan baik ketentuan ini, karena sedikit repot lebih baik dibandingkan membayar biaya bagasi yang cukup mahal.

Ada berbagai cara mengurangi bobot koper atau barang bawaan. Salah satunya dengan jeli memilih bahan koper, sebaiknya Anda pakai koper yang berbahan kain atau softcase yang bobotnya lebih ringan sekaligus bisa membawa barang lebih banyak. “Cari koper yang ringan, yaitu bahan kain dan lebih lentur,”

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan tentu saja menyortir barang bawaan tersebut seefisien mungkin.

Hindari prinsip “Bawa saja, barangkali perlu.”, ingatlah beberapa barang sebenarnya bisa Anda beli di tempat tujuan tanpa harus repot membawanya, serta usahakan membawa koper atau tas yang ringan untuk mengemas barang-barang Anda, gunakanlah koper dengan berat kurang dari 2,7 kilogram atau tas dengan ruang luas dan fungsional, seperti tersedia tempat laptop dan punya banyak kantong tambahan.

Tinggalkan peralatan yang tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya tidak perlu membawa alat mandi yang berlebihan, seperlunya saja, mengenakan barang, aksesoris, atau pakaian yang berat di badan juga bisa dilakukan untuk mengurangi beban barang bawaan yang harus dibawa.

Setelah mengepak barang selesai, pastikan timbang dulu berat total barang bawaan Anda. Jangan lupa mengecek batas berat bagasi di kabin untuk maskapai yang akan digunakan.

Nah, seberapa banyak barang yang akan dibawa nanti, pastikan Anda juga tahu cara packing yang benar. Tujuannya agar semua barang bisa muat dalam satu koper kabin tanpa harus menambah tas lagi.

Lebih baik lagi jika Anda terlebih dulu mempelajari aturan maskapai sebelum menentukan ukuran koper atau tas yang akan dibawa. Jadi, Anda dapat menyesuaikan berapa dimensi dan berat koper atau tas sehingga tidak melebihi batas maksimal yang bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close