Ragam

TIPS SAAT MELAKUKAN TRANSIT DAN PINDAH PESAWAT

Infopenerbangan.com – Bepergian menggunakan pesawat memang memberikan banyak kemudahan, tidak semua penerbangan dapat mengantarmu langsung menuju kota atau negara tujuan. Ada kalanya harus transit, beda pesawat atau maskapai untuk mencapai destinasi tertentu. Hal ini tentu akan sedikit membingungkan, ada beberapa tujuan yang mengharuskanmu untuk berpindah pesawat terlebih dahulu.

Salah satu contoh, jika kamu ingin pergi ke papua dari Jakarta, pesawat tidak akan mengantarmu secara langsung ke sana. Melainkan kamu akan menaiki satu pesawat dari Jakarta ke makasar, kemudian di sana kamu akan berganti pesawat atau maskapai dan melanjutkan perjalanan ke papua. Proses perpindahan pesawat ini disebut dengan transit. Bagi kamu yang belum pernah, kami memberikan beberapa tips, agar kamu tidak salah langkah.

Beberapa kota atau negara memiliki Bandar udara dengan ukuran yang sangat besar dan susunan yang rumit. Hal tersebut terkadang membuat pendatang, terutama untuk pertama kalinya, dibuat bingung. Tidak jarang pula kamu harus berlari untuk mengejar penerbangan selanjutnya karena jarak terminal yang jauh dan selang waktu yang sangat mepet. kami punya beberapa tips cara transit pesawat agar kamu bisa melaluinya dengan sangat mulus.

Jangan sampai kamu melewatkan informasi ini karena kamu perlu mempersiapkan diri untuk beralih pesawat dan jangan sampai ketinggalan, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai waktu yang diberikan untuk berpindah pesawat dari maskapai penerbangan atau dari agen travel tempat kamu membeli tiket. Ada durasi transit yang hanya menyediakan waktu sekitar 1-2 jam saja. Namun ada pula durasi transit hingga lebih dari 12 jam dan mengharuskanmu untuk bersinggah di kota transit. Ini juga merupakan informasi penting yang tidak boleh kamu lewatkan.

Jika ternyata durasi transit sangat pendek, kurang dari 90 menit, maka sebaiknya kamu lakukan beberapa tindakan antisipasi, dalam transit pesawat, biasanya kamu tidak perlu lagi mengambil koper yang kamu tempatkan di bagasi pesawat. Namun apabila memang instruksi memintamu untuk mengambilnya, maka sebaiknya kamu segera mengambilnya di tempat yang sudah ditentukan karena hal ini cukup memakan waktu. Jika kamu sudah mengambilnya, selanjutnya kamu bisa check-in kembali untuk memasukkan koper kamu ke bagasi pesawat selanjutnya.

Lalu bagaimana bila kamu ketinggalan pesawat? Kamu segera menghubungi maskapai yang kamu gunakan. Jika kamu ketinggalan pesawat yang disebabkan oleh kesalahan maskapai seperti pesawat delay, biasanya maskapai akan memberikan pertanggungjawaban untuk masalah tersebut. Kamu akan diarahkan ke penerbangan selanjutnya, jika ada kursi kosong yang bisa kamu tempati. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku jika kamu memesan dua penerbangan secara manual atau terpisah, atau ketinggalan pesawat yang dikarenakan oleh kelalaian sendiri.

Begitulah cara transit pesawat beda maskapai ataupun dengan maskapai yang sama. Mudah, bukan? Tidak perlu takut meskipun kamu belum pernah,  jika cara transit pesawat sudah kamu lalui dengan lancar dan mendarat di kota maupun di negara tujuan kamu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close