DomestikHighlight

2017 Pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Ditargetkan Rampung

PT Angkasa Pura II (Persero) kabarnya segera membebaskan lahan di bagian utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk kepentingan pembangunan landas pacu (runway) ketiga, hal itu dijelaskan oleh Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi.

“Tentang pembebasan tanah kami lakukan segera di wilayah Kabupaten Tangerang,” kata Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi seperti dikutip dari Tempo..

Budi Karya mengatakan rencana pengembangan Bandara tetap konsisten. Pihaknya akan menggunakan desain yang lebih efisien dan efektif sehingga bisa menampung lebih banyak penumpang.

Pembangunan runway ketiga diharapkan selesai pada 2017 dan dapat dioperasikan untuk menampung pergerakan pesawat yang diprediksi bertambah hingga 430 ribu pada 2018. Perseroan akan menambah dan mengoperasikan runway keempat pada 2024 karena pergerakan pesawat diperkirakan menembus angka 550 ribu pada 2025.

Sebelumnya, untuk pembiayaan, AP II akan menerbitkan obligasi senilai Rp 1 triliun pada September mendatang atau paling lambat Desember 2015. Perseroan memilih obligasi karena pembiayaan pinjaman tersebut lebih mudah dibanding pinjaman.

Perseroan saat ini sedang diusulkan Menteri Badan Usaha Milik Negara untuk mendapatkan penyertaan modal negara sebesar Rp 3 triliun pada tahun ini. Dalam lima tahun ke depan, perseroan juga menyiapkan diri untuk melantai di bursa saham.

Rencana perluasan lahan Bandara Soekarno-Hatta seluas 1.000 hektare di lima desa di Kabupaten Tangerang ini sebelumnya tertunda karena kisruh perebutan batas wilayah lahan antara Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang. (*/Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close