Highlight

Akibat Asap, Lion Air Tujuan Jakarta RTB ke Aceh

Dampak asap akibat kebakaran hutan terus meluas, selain membuat pesawat gagal terbang dan mendarat, salah satu penerbangan Lion Air terpaksa kembali Return to Base (RTB).

Jumat (4/9/2015) penerbangan pesawat Lion Air dengan tujuan Jakarta dari Kota Banda Aceh terpaksa kembali ke Bandara Sultan Iskandar Muda
(SIM) Aceh karena kabut asap yang tebal di Bandara Kuala Namu, Medan.

Pesawat dengan nomor penerbangan JT 0397 ini seharusnya transit di Bandara Kuala Namu sebelum melanjutkan penerbangan ke Jakarta.

Seorang penumpang pesawat, Nurjannah dikutip tribunews.com mengatakan, pilot awalnya mengumumkan akan mendarat di Bandara Polonia untuk transit, namun beberapa menit kemudian terdengar lagi pengumuman bahwa pesawat tidak bisa mendarat di Polonia.

“Saat itu pengumumannya menyebutkan transit dialihkan ke Bandara Hang Nadim, Batam, namun tiba-tiba pilot mengumumkan kalau Bandara Hang Nadim padat dan pesawat tidak bisa mendarat, alhasil jadilah kami kembali ke Aceh,” kata Nurjannah.

Kabut asap yang menyelimuti kawasan Bandara Kuala Namu menyebabkan sejumlah penerbangan dialihkan ke bandara terdekat. Lion Air yang berangkat dari Bandara SIM Blang Bintang pada pukul 06.00 WIB, sempat berputar-putar di atas Kuala Namu selama 30 menit.

“Sempat khawatir juga karena cuaca memang agak tidak baik, tapi semua kini dalam kondisi baik, kami tinggal menunggu jadwal keberangkatan lagi saja,” kata dia.

Seorang petugas di Bandara SIM, Reza membenarkan kembalinya pesawat Lion Air ke Bandara SIM karena alasan cuaca dan kabut asap di Bandara Kuala Namu Medan. (*/Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close