DomestikNews

Aksi Arogan Avsec, APII Angkat Bicara

Info penerbangan – Melalui rilis media yang diterima redaksi aviasi, Angkasa Pura II menanggapi aksi arogan petugas terminal 2F bandar udara Soekarno Hatta yang menjadi Viral di Sosmed.

Menanggapi terjadinya peristiwa pada 14 Desember 2015 yang melibatkan sejumlah personil Avsec dengan penumpang di Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang peristiwa ini beredar melalui media sosial, Zulfahmi menjelaskan fakta yang didapat pihaknya melalui rekaman CCTV & keterangan dari saksi adalah bahwa personil Avsec menjalankan tugas dengan memeriksa barang bawaan dan menemukan 9 (sembilan) buah snow spray yang merupakan barang terlarang dan masuk dalam kategori dangerous goods untuk di bawa ke pesawat.

Zulfahmi mengatakan bahwa bandara saat ini memberlakukan peningkatan pengamanan demi keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan Instruksi Dirjen Perhubungan Udara No INST 5 Tahun 2015.

“Kami mohon maaf apabila menimbulkan ketidaknyamanan dari sisi penumpang terkait pemeriksaan yang lebih detail sehingga memerlukan waktu yang lebih lama di security check point. Pemeriksaan tersebut semata-mata demi kepentingan keselamatan dan keamanan penerbangan. Untuk itu, kami menghimbau kepada para penumpang yang akan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat tiba lebih awal sekitar 1,5 jam sampai dengan 2 jam sebelum keberangkatan,” jelas Zulfahmi.

Demi keamanan penerbangan, pemeriksaan penumpang dan barang bawaan oleh personil aviation security (Avsec) memang harus dilakukan. Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional. Personil Avsec yang yang bertugas telah mendapat sertifikasi dari Kementerian Perhubungan. Setiap personil Avsec harus memastikan bahwa barang berbahaya (dangerous goods) harus ditangani dengan benar sebagaimana tercantum di dalam ketentuan ICAO pada Annex 18, dan barang dilarang (prohibited items) dipastikan tidak masuk ke dalam pesawat.

Di samping terlatih mengenai berbagai hal tentang keamanan, personil Avsec juga dibekali pelatihan untuk meningkatkan kemampuan agar dapat bersikap tegas dan santun kepada setiap penumpang pesawat.

“Personil Avsec merupakan salah satu lini terdepan di bandara dalam hal keamanan dan keselamatan penerbangan, sehingga kami selalu berupaya untuk mendukung peningkatan kecakapan setiap personil di bidang keamanan dan keselamatan,” ujar Zulfahmi, Senior General Manager PT Angkasa Pura II (Persero). “PT Angkasa Pura II (Persero) juga membutuhkan dukungan dari setiap penumpang agar keamanan dan keselamatan dapat diwujudkan, dan tingkat pelayanan di bandara tetap terjaga,” tambahnya. (Yhn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close