DomestikHot NewsNews

Amankan Penerbangan, Bandara Sidoarjo Datangkan Tim Pengusir Burung

Infopenerbangan,- Seiring musim migrasi burung yang biasa terjadi saat kemarau, ratusan burung liar menyerbu dan hinggap di sekitar Landasan Pacu Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Petugas pengusir burung dikerahkan di sekitar area landasan pacu, karena kondisi itu dinilai bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

Keberadaan burung di area bandara sangat mengkhawatirkan bagi dunia penerbangan. Bahaya kerusakan pada engine atau mesin pesawat apabila kemasukan burung, sangat berdampak signifikan bagi pesawat yang akan terbang maupun mendarat di bandara. Melalui Tim Khusus Pengusir Burung (Car bird stike), sejak sepekan ini terus melakukan pengusiran burung setiap dua jam sekali.

Dilansir dari okezone, Upaya pengusiran burung ini sengaja digelar karena kondisi keberadaan ratusan burung liar di area landasan pacu bandara Juanda kini sudah mengkhawatirkan bagi dunia penerbangan.

Dengan armada khusus yang dilengkapi alat khusus sirine untuk menghalau atau pengusiran burung, petugas pengusir burung berkeliling di seputar area bandara, khususnya di lokasi yang berdekatan dengan landasan pacu pesawat dan jalur parkir pesawat di sekitar apron bandara.

Sementara selain melakukan tindakan langsung pengusiran burung, pengelola bandara juga telah melakukan imbauan kepada pihak maskapai penerbangan untuk tetap waspada dan melaporkan ke pihak airport traffic control (ATC) jika mengetahui adanya kerumunan burung di landasan pacu bandara, karena kondisi ini murni dipengaruhi oleh faktor alam. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close