DomestikHot NewsNews

Angkasa Pura I akan Gelar Seminar Nasional Pengelolaan Terminal Kargo dan Pos di Bandar Udara

Infopenerbangan,- PT Angkasa Pura I (Persero), selaku Badan Usaha Bandar Udara (BUBU), akan menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Harmonisasi dan Penyamaan Persepsi Pengelolaan Terminal Kargo dan Pos di Bandar Udara” pada Senin 11 September 2017 di Hotel Grand Mercure Kemayoran.

Seminar nasional ini akan menghadirkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso sebagai pembicara utama. Acara juga akan dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro.

“Belum tersosialisasinya secara optimal UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan serta produk hukum turunannya menyebabkan masih terdapat ketidaksepahaman di antara para pemangku kepentingan, khususnya antara BUBU dan mitra BUBU,” ungkap Danang S. Baskoro.

Banyaknya persepsi dan praktek yang kurang tepat terkait ruang lingkup pelayanan bidang logistik di bandar udara ini berpotensi menghambat kegiatan pelayanan, seperti pada kasus putusan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) yang menilai Grup Angkasa Pura I melakukan praktek monopoli terminal kargo di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada pertengahan Juni 2017 lalu.

Merespon putusan tersebut, Angkasa Pura I mengajukan keberatan melalui Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat untuk membatalkan keputusan tersebut. Lebih jauh upaya pengajuan keberatan tersebut merupakan upaya edukasi mengenai peran BUBU dalam pengelolaan kargo dan pos.

Upaya ini pun membuah hasil positif dengan keputusan PN Jakarta Pusat yang dibacakan pada Rabu 5 September 2017 di mana ditetapkan secara sah dan meyakinkan bahwa Angkasa Pura Logistik (anak perusahaan Angkasa Pura I) tidak terbukti melakukan praktek monopoli.

Oleh karena itu, untuk menegaskan peran BUBU sebagai penanggung jawab terhadap keamanan dan keselamatan penerbangan dan untuk menyamakan pemahaman terhadap pengelolaan kargo dan pos, Angkasa Pura I berinisiatif menyelenggarakan Seminar Nasional “Harmonisasi dan Penyamaan Persepsi Pengelolaan Terminal Kargo dan Pos di Bandar Udara” pada 11 September 2017.

Seminar nasional ini akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait seperti regulator (Kementerian Perhubungan), operator bandar udara (Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II), maskapai, penyedia jasa terkait bandar udara (ground handling, regulated agent, forwarders), asosiasi terkait (ALFI, ICAC, Asperindo), pihak bea dan cukai, serta akademisi.

Selain itu, beberapa perwakilan pemangku kepentingan yang akan menjadi panelis yaitu Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaludin, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Pahala N. Mansury, dan Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yuki Nugraha. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker