DomestikHot NewsNews

Angkasa Pura II Operasikan Command Center AMC di Terminal 3

Infopenerbangan,-TANGERANG  – PT Angkasa Pura II (Persero) meresmikan pengoperasian Command Center Apron Movement Control (AMC) yang merupakan ruang pusat pemantauan aktifitas di  apron Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sebagai unit yang bertanggung jawab atas kelancaran pergerakan pesawat serta lalu lintas kendaraan dan orang di sisi udara, unit AMC akan mempergunakan Command Center ini untuk memaksimalkan kinerja sehingga berdampak pada efesiensi dan efektifitas operasional bandara maupun maskapai.

Monitor Pemantauan Apron di Command Center AMC Terminal 3
Monitor Pemantauan Apron di Command Center AMC Terminal 3

Adapun istilah Command Center digunakan untuk merujuk bahwa ruang tersebut merupakan sentralisasi pengendalian dan operasional bagi para personil AMC. Hal ini berbeda dengan yang ada di Terminal 1 dan 2, di mana ruang AMC di masing-masing terminal itu di bagi menjadi tiga.

Command Center AMC ini juga disiapkan untuk mendukung beroperasinya penerbangan internasional di Terminal 3 dalam waktu dekat. Terminal 3 sampai saat ini adalah terminal terluas yang ada di Indonesia, sehingga digitalisasi sebagaimana yang ada di Command Center AMC ini merupakan pilihan tepat dalam mendukung operasional,” jelas Muhammad Awaluddin.

Diperkuatnya fasilitas pemantauan pergerakan pesawat ini merupakan salah satu upaya AP II dalam mempersiapkan peningkatan kapasitas dua runway di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga dapat melayani 86 penerbangan pesawat per jam dari saat ini 72 penerbangan per jam. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close