DomestikHot NewsNews

Apron di 3 bandara Ini Akan Diperluas

Infopenerbangan – Apron (pelataran parker pesawat) di tiga bandar udara (bandara) Nusa Tenggara Timur di antaranya Bandara El Tari Kupang, Bandara H.Hasan Aroeboesman di Ende, dan Bandara Komodo akan diperluas, demikian dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo.

“Kami melihat beberapa bandara yang kami kunjungi terutama di Kupang maupuan di Ende dan Labuan Bajo itu permasalahan utamanya ada di apron,” kata Sugihardjo, Minggu (31/12).

Dia mengungkapkan, upaya pengembangan apron untuk Bandara El Tari akan dilakukan dengan membangun tiga areal parkir (parking stand) kelas pesawat Boeing sehingga total kapasitasnya bisa menampung 15 pesawat.

Sementara itu, untuk bandara di Ende dan Labuan Bajo saat ini hanya memiliki empat area parkir sehingga sering kali ada rencana kedatangan pesawat yang ditolak akibat keterbatasan kapasitas parkir.

“Baik yang reguler maupun pesawat charteran termasuk jet pribadi seperti di Labuan Bajo terpaksa ditolak karena tidak ada tempat parkir, ini sangat disayangkan apalagi daerah-daerah itu merupakan tujuan wisata,” katanya.

Untuk itu, seperti diwartakan Antara,, Kementerian Perhubungan akan menambah masing-masing dua area parkir untuk kedua bandara yang berada di wilayah barat Pulau Flores itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan hal yang juga menjadi perhatian spesifik seperti pada bandara di Ende yakni terkait aspek keamanan (safety) yang wajib diutamakan dalam dunia penerbangan, termasuk pemeriksaan barang-barang kargo. (*/EKy Fajrin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close