Hot NewsInternasionalNews

Aseman Airlines Beli 30 Unit Pesawat Dari Boeing

Infopenerbangan,- Maskapai penerbangan Iran, Aseman Airline telah menandatangani kesepakatan untuk membeli 30 pesawat jet Boeing 737 MAX.

Ini merupakan pertama kalinya bagi perusahaan Iran melakukan kesepakatan bisnis dengan perusahaan Amerika Serikat (AS), sejak Presiden AS Donald Trump mengambil sikap keras terhadap negara tersebut.

Dilansir dari Reuters (10/6/17) Aseman Airlines melakukan pembelian 60 pesawat Boeing 737 yang nilai transaksi mencapai 3 miliar dolar AS. Aseman akan membayar 5 persen dari total nilai tersebut, dan untuk selanjutnya mencari pembiayaan. Unit pesawat tersebut akan diserahkan dalam dua kali pengiriman. Pengiriman pertama akan mencakup 30 pesawat penumpang 737 yang akan diserahkan tahun 2019.

Pada bulan Desember lalu Iran Air juga telah menandatangani persetujuan dengan Boeing untuk pembelian 80 unit pesawat dengan nilai transaksi mencapai $16,6 milyar.

Aseman Airlines dan Boeing telah menandatangi kesepakatan pada April 2017 lalu. Kantor berita negara Iran, IRNA melaporkan, perwakilan Aseman dan Boeing menandatangani kesepakatan akhir di Teheran pada Sabtu (10/6).

“Saya sangat senang bahwa setelah satu tahu bernegosiasi dengan Boeing, akhirnya kami menandatangani kontrak untuk membeli 30 Boeing 737,” ujar CEO Aseman Airline Hossein Alaei

Bulan September, Washington memberi izin kepada Boeing dan saingannya dari Eropa Airbus untuk menjual pesawat terbang yang bernilai milyaran dolar kepada Iran. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close