DomestikHot NewsNews

Bandar Udara Douw Aturure Nabire Dibangun Dengan Anti Gempa

Infopenerbangan – Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Douw Aturure Nabire pada lahan seluas 4.000 hektare akan dimulai pada 2018 dan selesai paling lambat pada 2020.

Lokasi bandara yang tak jauh dari gunung menjadi perhatian pemerintah. Oleh karena itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan Bandara Douw Aturure Nabire yang baru harus tahan dan kuat terhadap gempa.

“Pertama melakukan satu tes beban tertentu untuk mempersiapkan di sana dengan tanah berpasir dan rawa itu cukup kuat dan tahan terhadap gempa,” kata Budi Karya.

Bandara Nabire baru berlokasi 45 menit dari bandara eksisting di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Nabire, Kabupaten Nabire, Papua. Pembangunannya memerlukan anggaran Rp200,6 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU), APBD, dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Budi menjelaskan bandara ini dibangun dengan unsur kehati-hatian dengan fondasi yang sesuai untuk kondisi geografis di lokasi tersebut yang berpotensi gempa dan tsunami.

Menurut dia, proses pengurukan fondasinya pun bisa mencapai hingga lima sampai enam meter. Oleh karena itu, pembangunan diperkirakan baru selesai pada 2020.

“Land side juga harus dipersiapkan dengan baik karena kalau gempa di atas tujuh skala Richter itu ada fondasi yang mesti dipersiapkan dengan baik begitu juga landasannya,” ujar Menhub. (*/E. Fajrin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close