Hot NewsInternasionalNews

Bandara Amsterdam Atasi Polusi Suara dengan ‘Land Art’

Infopenerbangan,-  Bandara Schiphol merupakan salah satu yang tersibuk di dunia dikeluhkan oleh warga sekitar karena desakan gemuruh yang tak henti-hentinya dihasilkan setiap kali sebuah pesawat lepas landas.

Kebisingan semakin terdengar, ketika bandara membuka landasan pacu terpanjang di tahun 2003, sehingga warga yang berada disekitarnya bisa mendengar suara bising lebih dari 28 km.

Untuk mengatasi masalah kebisingan, bandara menggandeng firma arsitektur yang disebut H + N + S Landscape Architects dan seniman Paul De Kort untuk memecahkan masalah kebisingan tersebut.

Dengan konsepnya, Kort menggali serangkaian pagar tanaman dan selokan di barat daya bandara, melewati tepi landasan pacu. Jarak antara pegunungan kira-kira setara dengan panjang gelombang suara bandara, yaitu sekitar 36 kaki. Ada 150 alur lurus dan simetris dengan tinggi enam kaki di antara keduanya. Lembah sederhana ini telah mengurangi tingkat kebisingan lebih dari setengahnya.

De Kort juga memasukkan sejumlah potongan seni di dalam taman, seperti “Listening Ear” , sebuah parabola yang memperkuat suara yang datang dari jauh, dan “Chaldnipond” , kolam berbentuk berlian dengan jembatan dan sebuah mekanisme di bawahnya. Yang bisa menciptakan gelombang di dalam air.

Selain itu, bandara Schiphol juga mencoba untuk mengurangi kebisingan dengan mengubah jadwal pesawat tertentu untuk lepas landas dan mengharuskan maskapai penerbangan untuk memperbarui armada pesawat mereka. Rencananya pihak bandara akan mengurangi kebisingan hingga 10 desibel.

Bandara Schiphol dilewati oleh 63 juta penumpang rata-rata pertahunnya, dengan jumlah 479.000 penerbangan dari dan menuju berbagai destinasi internasional. (*/NP)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close