Uncategorized

BANDARA HONGKONG DIKUASAI DEMONSTRAN, PENERBANGAN TERGANGGU

Infopenerbangan – Kurang dari 24 jam setelah demonstran dan polisi bentrok pada Sabtu lalu, para demonstran berusaha untuk melumpuhkan akses bandara, pusat regional utama. Demonstran pro-demokrasi turun ke bandara internasional Hong Kong, menutup jalan dan mengisi terminal bus.

Dikutip dari The Guardian (1/9), para pengunjuk rasa menguasai bandara, menghalangi jalan menuju ruang keberangkatan. Di luar bandara, pemrotes membongkar pagar dan membangun berikade. Demonstran lain menghadap ke polisi yang ditempatkan di terminal bus lantai dasar bandara.

 demonstran mengimbau masyarakat untuk memenuhi jalan dan kereta api menuju ke bandara pada hari Minggu dan Senin. Orang-orang akan mulai berkumpul pada pukul 1 malam (0500 GMT). Padahal bandara Hong Kong adalah salah satu bandara yang tersibuk di dunia. Sehingga aksi tersebut berpotensi mengganggu jadwal penerbangan.

Pihak otoritas bandara sebelumnya telah menutup salah satu tempat parkir mobilnya. Mereka menyarankan penumpang untuk menggunakan transportasi umum, tanpa memberikan alasan. Tiga minggu lalu, beberapa penerbangan ditunda atau dibatalkan setelah pengunjuk rasa mengerumuni bandara.

Sebelumnya operator The Mass Transit Railway (MTR) Hong Kong juga menghentikan sementara operasional keretanya pada hari Minggu. Hal itu dilakukan karena pengunjuk rasa mengancam akan mengganggu jaringan transportasi ke bandara.

Lusinan polisi berpatroli di sekitar bandara, menutup beberapa pintu keluar. Polisi tiba di lokasi, sekelompok demonstran memutuskan naik ke bus dan pergi, mundur untuk menempati jalan raya menuju bandara. Beberapa membawa tiang-tiang logam dan alat pemadam api.

Sekelompok pelancong yang kebingungan di dalam bandara, mengetuk pintu masuk yang diblokir dan berdebat dengan petugas keamanan sambil melambaikan tiket pesawat mereka. Sebagian juga memilih untuk berjalan kaki menuju bandara.

Pihak berwenang menutup layanan kereta yang menghubungkan kota ke bandara dan beberapa bus berhenti beroperasi. Blok jalan juga didirikan dan mobil yang mendekati bandara akan digeledah. Polisi yang berada disepanjang jalan mengambil foto mobil yang mendekat.

Demonstrasi terjadi setelah pertempuran antara polisi dan demonstran, dimulai sejak Sabtu malam dan Minggu pagi sekaligus menandai akhir pekan ke 13 berturut-turut dari aksi protes.

Polisi juga menyerbu beberapa stasiun metro, mengejar, dan memukuli orang-orang yang diyakini sebagai pengunjuk rasa. Dalam suatu insiden, petugas menyerbu gerbong kereta di stasiun Pangeran Edward di Kowlonn, menggunakan tongkat untuk memukul dan mengerahkan semprotan merica.

Aksi protes yang terus berlanjut dimana tidak ada pihak yang menunjukan sikap untuk mundur, polisi Hong Kong telah membuat taktik lebih besar. Pada Sabtu lalu, ketika helikopter melayang di atas kepala, polisi menembakkan gas air mata dan meriam air, serta menodai mereka dengan pewarna berwarna biru yang menandai mereka untuk ditangkap kemudian. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close