Ragam

BANDARA KALIMARAU AJAK MASKAPAI BUKA RUTE KE BERAU

Infopenerbangan – Potensi sektor pariwisata Kabupaten Berau, Kalimantan Timur sungguh besar. Berau menjadi pintu masuk untuk menikmati wisata unggulan di Kaltim. Oleh karena itu, pengelola Bandara Kalimarau mengajak maskapai untuk membuka rute penerbangan baru ke Berau.

Kepala Bandara Kalimarau Bambang Hartoto mengatakan, pihaknya siap memberikan layanan yang terbaik pada maskapai yang akan membuka rute ke Kalimarau.

Saat ini Bandara Kalimarau sudah memiliki landasan pacu (runway) sepanjang 2.250 meter, lebar 45 meter, dengan ketebalan runway sekitar 56 dan ditambah ada 2 unit garbarata. Karena itu pesawat-pesawat besar seperti Boeing 737-800 dan Airbus A320 sudah bisa mendarat di Bandara Kalimarau.

“Ke depannya beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air, Garuda dan Batik Air dapat menganti tipe pesawat dengan jenis yang lebih besar sehingga dapat lebih banyak membawa penumpang ke Berau. Kami dari pihak bandara akan memberikan pelayanan yang maksimal,” kata Bambang, Selasa (14/1/2020).

Menurut Bambang, pihaknya tengah menjajaki pihak maskapai untuk melakukan penambahan rute, yaitu Kalimarau-Banjarmasin, Kalimarau-Surabaya, Kaimarau-Samarinda dan Kalimarau-Makassar. Dengan adanya rute baru maka wisawatan dapat mudah mengunjungi destinasi pariwisata unggulan di Berau.

Lebih lanjut Bambang mengatakan saat ini maskapai yang beroperasi menuju Berau adalah Garuda Indonesia dengan jenis pesawat CRJ-1000. Garuda melayani penerbangan 2 kali sehari dengan rute Berau-Balikpapan PP.

Selain itu, Sriwijaya Air terbang ke Berau menggunakan pesawat Boeing 737-300, 737-400 dan 737-500. Sriwijaya Air melayani rute Berau-Balikpapan PP setiap hari dan rute Berau-Surabaya PP setiap Selasa, Kamis dan Sabtu.

Wings Air juga terbang ke Berau menggunakan pesawat ATR 72-500 dan B737 melayani penerbangan tiga kali sehari rute Berau – Balikpapan PP dan sehari sekali rute Berau-Samarinda.

Selain itu, Express Air menggunakan pesawat ATR 42-300/500 melayani rute Berau-Samarinda PP dan Berau-Tarakan setiap hari.

Sementara pesawat perintis Susi Air menggunakan jenis pesawat Cessna C208 melayani penerbangan satu kali seminggu dengan rute Tarakan-Maratua-Kalimarau PP. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close