News

BANDARA LOMBOK LAYANI 49 RIBU PENUMPANG SELAMA BALAP MOTOGP MANDALIKA

InfoPenerbangan,- Gelaran balap motor dunia MotoGP Mandalika 2023 memberikan dampak cukup signifikan terhadap aktivitas penerbangan di Bandara Lombok. 

Tercatat saat gelaran MotoGP Mandalika 2023, Bandara Lombok yang dikelola PT. Angkasa Pura I melayani 49.344 penumpang selama 11 – 16 Oktober 2023 dengan rata-rata 8.224 penumpang per hari.

Angka ini naik 23% dibandingkan dengan rata-rata harian bulan Oktober 2023 yang mencapai 6.698 penumpang per hari. Selain itu, ada 560 pergerakan pesawat selama periode tersebut. 

Dengan adanya MotoGP, Bandara Lombok mencatat puncak arus kedatangan penumpang pada Jumat, 13 Oktober dengan total 8.819 penumpang. Sebaliknya, puncak keberangkatan terjadi pada Senin, 16 Oktober dengan total 10.351 penumpang.

Selama ajang balap ini, penerbangan tambahan atau extra flight, menurut data terakhir Bandara Lombok menerima sebanyak 80 permohonan penerbangan tambahan. Diajukan maskapai nasional maupun internasional dalam kurun waktu 10-17 Oktober. 

Extra flight ini diajukan maskapai Garuda Indonesia dengan 42 penerbangan, Citilink dengan 22 penerbangan, Indonesia AirAsia dengan enam penerbangan, Super Air Jet sebanyak empat penerbangan, Wings Air, Lion Air dan Malaysia Airlines masing-masing sebanyak dua penerbangan.

”Angkasa Pura Logistik (APL), anak perusahaan AP1, juga memiliki peranan penting dalam hal logistik. APL menangani proses loading dan clearance untuk logistik yang akan berangkat. Jadwal keberangkatan kargo adalah pada Selasa, 17 Oktober dengan dua penerbangan ke Melbourne dan Rabu, 18 Oktober dengan tiga penerbangan, dua ke Melbourne dan satu ke Kuala Lumpur. 

Direktur Utama AP1, Faik Fahmi, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.  

“Kolaborasi dengan seluruh stakeholder memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Kami berharap layanan kami di bandara meninggalkan kesan positif, mendorong peningkatan wisatawan ke Lombok dan jumlah penumpang di Bandara Lombok di masa mendatang,” tutupnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close