DomestikHot NewsNews

Bandara Soekarno – Hatta Implementasikan Smart Airport di Sisi Udara

Infopenerbangan.com,- Pemasangan alat Visual Docking Guidance System atau VDGS di apron Terminal 3  dilakukan untuk mewujudkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi smart airport guna meningkatkan efisiensi operasional bandara maupun maskapai.

VDGS ini dapat memandu pesawat yang baru mendarat untuk dapat secara cepat dan tepat menuju gate atau merapat ke terminal hingga berada di lokasi parkir. VDGS secara otomatis juga dapat mengenali jenis pesawat, maskapai yang mengoperasikan pesawat tersebut, dan kota asal keberangkatan.

Muhammad Awaluddin, President Director AP II mengatakan, “VDGS dapat menghemat waktu yang dibutuhkan pesawat dari mendarat hingga merapat atau on block di terminal sehingga membuat efisiensi maskapai meningkat dan secara keseluruhan juga diharapkan dapat berdampak pada lebih baiknya on-time-performance. Selain itu, VDGS juga akan mendukung keamanan dan keselamatan di sisi udara seiring dengan peningkatan kapasitas runway untuk melayani sebanyak 86 hingga 100 penerbangan per jam. Melalui alat ini, lama pesawat parkir juga dapat dihitung secara tepat,” ujarnya.

Di samping penerapan VDGS, implementasi digitalisasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga mencakup informasi parkir pesawat yang dapat diakses melalui aplikasi Indonesia Airports di smartphone. Informasi parkir pesawat tersebut bertujuan  untuk efisiensi dan efektifitas yang lebih baik dalam penggunaan dan pengaturan jadwal parking stand sehingga salah satunya berdampak pada lebih cepatnya pengiriman bagasi dari pesawat ke area baggage claim area di terminal.

Dalam waktu dekat AP II juga akan melakukan implementasi Airport Operation Control Centre (AOCC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk memantau seluruh aktivitas operasional dan kinerja teknologi kebandarudaraan.

Diharapkan pengimplementasian VDGS dan iPerform serta pengaktifan AOCC dapat meningkatkan efisiensi bagi maskapai maupun operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berujung pada kepuasan penumpang pesawat. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close