Domestik

BANDARA SUMBAWA TAMPAK BARU

Infopenerbangan,- Pintu gerbang udara Sumbawa Besar kini memiliki wajah baru nan cantik. Usai dibangun pada 2017 yang lalu, gedung terminal Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin seluas 2790 m2 dan telah beroperasi ini, siap diresmikan bersamaan dengan acara puncak Sail Indonesia Moyo Tambora 2018.

Gedung Terminal Baru Bandara Sultan M. Kaharuddin rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada acara puncak Sail Indonesia Moyo Tambora 2018, 9 September 2018 mendatang.

Terminal baru ini menawarkan kenyamanan yang lebih bagi maskapai dan penumpang pengguna jasa transportasi udara.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno mengatakan perkembangan Bandara Sultan M. Kaharuddin sangat pesat, terutama jika dilihat dari jumlah pertumbuhan penumpang.

Pada 2015, jumlah penumpang yang menggunakan bandara ini sebanyak 77.365 penumpang, sedangkan pada tahun 2017 meningkat menjadi 112.096 penumpang atau tumbuh hampir 50 persen.

“Melihat tren pertumbuhan penumpang, sudah saatnya bandara ini dikembangkan sehingga sisi keamanan dan pelayanan kepada maskapai dan penumpang lebih baiik.

Harapan kami ini bisa menarik minat maskapai dan penumpang untuk berkunjung dan lebih membuka konektivitas,” ujar Praminto dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (5/9).

Pengembangan yang telah dilakukan, saat ini terminal baru mempunyai luas 2.790 meter persegi, lebih luas empat kali lipat dari terminal lama yang luasnya hanya 840 meter persegi.

Ruang kedatangan diperluas dari 96 meter persegi menjadi 480 meter persegi sedangkan ruang tunggu diperluas dari 120 meter persegi menjadi 960 meter persegi.

Perbaikan toilet untuk ruang keberangkatan, kedatangan dan untuk umum, terminal dilengkapi fasilitas difable seperti toilet dan kursi ruang tunggu.

Bandara Sultan M. Kaharuddin memiliki fasilitas runway sepanjang 1.650 meter x 30 meter, dua taxi way yang keduanya berukuran 93 meter x 15 meter serta apron berukuran 240 meter x 70 meter.

Bandara ini melayani operasional maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Lombok tujuh kali seminggu dan Wings Air juga dengan tujuan Lombok 14 kali seminggu.” Kedua maskapai tersebut melayani penumpang dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72,” ujar Praminto.

Sumber AP I

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close