DomestikHot NewsNews

Banyak Balon Udara Di Jateng, AirNav Keluarkan NOTAM

Infopenerbangan,- Tradisi lepas balon yang diadakan untuk mengganti petasan setiap hari raya Idul Fitri di Jateng, membuat AirNav Indonesia harus menerbitkan NOTAM ‘A2115/17 NOTAMN’ untuk penerbangan yang melintasi langit Jawa Tengah.

Banyaknya laporan mengenai balon udara yang berterbangan di langit Jateng akan membahayakan keselamatan penerbangan.

Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono mengatakan, ada puluhan balon yang meluncur ke atas sampai ketinggian 25.000-28.000 kaki di daerah Wonosobo, Cilacap, Kebumen, Purworejo. Jadi itu sampai 9 kilometer, sudah penerbangan normal, penerbangan jet itu,” ujar Wisnu seperti dilansir dari detikcom, Senin (26/6/2017).

Wisnu menjelaskan, ketinggian balon bisa mencapai 6 meter dengan diameter mencapai 4 meter. Balon-balon tersebut dapat terbang hingga ketinggian 28 ribu kaki.

“Kami mengeluarkan NOTAM lalu kami melaporkan ke otoritas bandar udara. Ini kan peluncurannya bukan di wilayah bandar udara, tapi di perkampungan ya. Nanti akan terjadi sampai seminggu ke depan, sampai Pemalang juga,” imbuh Wisnu.

Tak hanya penerbangan domestik, NOTAM juga dikeluarkan untuk penerbangan internasional. Mengingat penerbangan Australia dan China sering melintasi daerah tersebut.

“Kalau kita tarik garis dari Australia yang ke arah China misalnya pasti lewat daerah itu. NOTAM nya untuk internasional, jadi domestik dan internasional,” tutur Wisnu. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close