DomestikHighlightHot NewsNews

Benahi 5 Bandara, AP I Siapkan Rp 25 Triliun

Infopenerbangan.com, Seiring pertumbuhan penumpang yang signifikan, PT Angkasa Pura I melakukan pembenahan terhadap lima bandara yang jumlah penumpangnya sudah melebihi ketentuan kapasitas. Untuk membenahi salah satu sektor infrastruktur transportasi udara ini, perusahaan menyiapkan dana investasi Rp25 triliun hingga tahun 2020 mendatang.

Direktur Teknik AP I, Polana Pramesti dikutip dari sindonews mengatakan, pembenahan yang sudah dilakukan saat ini baru dua bandara, yakni Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang dan Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin. Di Semarang, perusahaan menargetkan pembenahan dapat rampung pada 2018 dengan kapasitas mencapai lima juta penumpang.

“Di Semarang sudah jalan, dapat menampung lima juta penumpang. Pada April atau Mei 2018 akan segera bisa dioperasikan,” ujarnya di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Sementara, kata dia, untuk Bandara Syamsudin Noor sudah masuk dalam tahapan lelang dengan peningkatan kapasitas hingga 10 juta penumpang. AP I akan membangun terminal baru yang berada persis di sebelah terminal lama.

“Banjarmasin sedang proses lelang, nanti akan dapat tampung 10 juta penumpang. Terminal baru di sebelah yang sudah ada, seluas 70 meter persegi selesai 2019,” kata Polana.

Polana menjelaskan, tiga bandara yang tersisa masih dalam proses pembebasan lahan dan belum ada struktur bangunan. Yaitu di Yogyakarta, pembangunan Bandara Kulon Progo sebagai pengganti Bandara Internasional Adisutjipto yang nantinya akan menyerap hingga 15 juta penumpang dan ditargetkan rampung pada 2019. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close