Uncategorized

BERCANDA BAWA BOM, PENUMPANG AIR ASIA DI KELUARKAN

Infopenerbangan – Seorang penumpang pesawat AirAsia tujuan Yogyakarta-Denpasar diamankan sekuriti Bandara International Adisutjipto Yogyakarta karena melontarkan candaan membawa bom, Jumat (6/12/2019).

“Iya betul, memang telah terjadi candaan bom. Tadi tepatnya jam 08.15 WIB,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama, seperti dikutip dari Kompas, Jumat (06/12/2019).

Penumpang tersebut berinisial TH, penumpang AirAsia dengan nomor penerbangan QZ-8441 dengan rute Yogjakarta-Denpasar.

Saksi yang mendengar candaan TH ada dua, salah satunya kru pesawat.

“Jadi setelah door closed saat pesawat mau pushback, penumpang inisial TH ini melontarkan candaan. Dia bercanda membawa bom disampaikan kepada air crew yang sedang on board,” ujar Agus.

Air crew lantas melaporkan ke pilot apa yang disampaikan oleh TH. Dari laporan itu, diputuskan, seluruh penumpang dan barang diturunkan dari pesawat untuk dilakukan pemeriksaan ulang.

“Bagasi kabin dilakukan pemeriksaan ulang di SCP 2 terminal B. Jadi seluruh orang dan barang diturunkan,” ujar dia.

Sementara penumpang berinisial TH diamankan ke AVSEC (Aviation Security) Bandara International Adisutjipto. Petugas memeriksa TH beserta barang bawaannya.

“Dari pemeriksaan (barang bawaan TH) memang hasilnya negatif. Motif yang bersangkutan bercanda untuk menakut-nakuti pramugari,” ujar Agus.

Setelah pemeriksaan dan dipastikan semua aman, penumpang lainnya kembali ke pesawat. Pukul 08.45 WIB pesawat diberangkatkan.

Seusai dengan Pasal 437 Undang-Undang 1 Tahun 2009 tentang penerbangan, ancaman hukumanya pidana 1 tahun.

Namun, setelah mendengar alasan yang bersangkutan hanya candaan dan telah mengaku bersalah, pihak AirAsia memutuskan untuk tidak melanjutkan kasusnya. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close