DomestikHighlightHot NewsNews

Bulan depan Bandara Tasikmalaya Segera Beroperasi Komersil

Infopenerbangan.com, – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung Landasan Udara (lanud) TNI AU Wiradinata Tasikmalaya, Jawa Barat untuk dioperasikan melayani penerbangan komersial. Mantan dirut AP II ini optimistis dalam satu bulan ke depan, bandara ini bisa segera dioperasikan untuk penerbangan komersial apabila syarat-syarat tersebut telah terpenuhi

Hal itu disampaikan Budi saat meninjau Lanud Wiriadinata, Sabtu (12/11). ”Potensi Tasikmalaya bisa dikembangkan melalui pengembangan bandara (Wiriadinata) ini. Walaupun ada beberapa kendala, pengembangan, bandara ini bisa dilakukan secara bertahap,” ujar Budi dikutip dari Indopos.

Kendala pengembangan Lanud ini antara lain, masih adanya tanki milik Pertamina, yang lokasinya berdekatan dengan Lanud, dan lokasi yang berdekatan dengan bukit, Budi menyerahkan hal itu kepada pemda dan pihak Lanud untuk membahas masalah pihak yang mengelola bandara komersial ini. Salah satu kewajiban pengelola bandara adalah segera melengkapi kekurangan persyaratan agar segera mendapatkan izin operasi dari Kemenhub.

“Beberapa syarat-syarat yang masih harus dilengkapi seperti peralatan PK-PPK (pemadam kebakaran), x-ray, dan penyusunan organisasinya. Dalam penerbangan, unsur safety sangat penting,” ungkapnya. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close