Hot NewsInternasionalNews

Cegah Burung, Bandara Kanada Akan Gunakan Teknologi Drone

Infopenerbangan,- Burung masih menjadi masalah bagi penerbangan baik di Indonesia maupun di seluruh belahan dunia. Laporan mengenai kerusakan mesin pesawat akibat burung yang tersambar saat proses penerbangan berlangsung pasti selalu ada setiap tahun.

Untuk mengusir kawanan burung tersebut, Bandara Kanada gunakan teknologi drone dalam bentuk robot Elang untuk mengusir burung dari kawasan Bandara.

Dilansir dari Dailymail (11/5/17), Drone bentuk elang ini didesain untuk dapat mengejar burung agar terlihat lebih meyakinkan bagi burung bahwa itu pemangsa sungguhan. Drone ini akan mulai digunakan pada akhir bulan Mei 2017 di bandara Internasional Edmonton, bandara terbesar di Kanada.

Selain dugunakan untuk mengusir kawanan burung, Drone elang ini juga akan digunakan untuk mengamati satwa liar, memeriksa bangunan bandara dan juga melakukan pengukuran 3D.

Saat ini, Bandara Edmonton menggunakan efek suara dan teknologi laser untuk mencegah burung memasuki kawasan bandara. Namun cara ini dinilai kurang efektif untuk mengusir burung karena burung mulai terbiasa dengan metode pengusiran yang mennggunakan teknologi laser.

Untuk tiga bulan pertama, Efektivitas dari Robird (Drone Elang) untuk mengusir burung akan tetap dipantau secara teliti, dan selanjutnya proyek ini akan dioptimalkan.

Dalam penggunaannya, perusahaan pembuat Robird, Clear Flight Solutions, juga akan melakukan konsultasi dengan pilot dan bandara yang memerlukan bantuan untuk terbiasa dengan prosedur seputar burung robot. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker