Hot NewsInternasionalNews

China Sukses Lakukan Uji Coba Pesawat Ampifibi Terbesar Di Dunia

Infopenerbangan,- AG600, pesawat amfibi terbesar di dunia milik China, sukses melakukan penerbangan perdananya pada hari ini, Minggu (24/12/2017) dari sebuah bandara di tepi Laut China Selatan.

Seperti dilansir dari Reuters, ini merupakan langkah terakhir yang dilakukan China dalam program modernisasi militer. China telah meningkatkan riset mereka dalam peralatan militer karena ingin melakukan pendekatan yang lebih tegas terhadap sengketa teritorial di beberapa tempat seperti Laut China Selatan, perseteruan yang menegangkan di wilayah Asia Pasifik dan Amerika Serikat.

AG600  lepas landas dari bandara Zhuhai di provinsi selatan Guangdong, yang berada di pantai Laut Cina Selatan. Pesawat itu kemudian kembali sekitar satu jam kemudian dan mendarat secara perlahan dengan disertai musik-musik perjuangan dan disambut banyak orang yang melambai-lambaikan bendera Cina.

AG600 didukung oleh empat mesin turboprop. Pesawat itu dapat membawa 50 orang awak selama misi pencarian dan penyelamatan maritim. Pesawat ini juga dapat menangkup 12 metrik ton air dalam waktu 20 detik untuk memadamkan kebakaran.

Pesawat tersebut telah menerima 17 pesanan dari departemen pemerintah China dan juga perusahaan di  China. Pesawat ini memiliki jangkauan penerbangan maksimum 4.500 km (2.800 mil) dan berat lepas landas maksimum 53,5 ton. Pesawat ini juga bisa menggunakan bandara konvensional dan juga melakukan lepas landas dari laut.

“Penerbangan perdana sukses dan menempatkan China ke dalam jajaran negara di dunia yang mampu memproduksi pesawat amfibi berukuran besar,” kata Huang Lingcai Perancang utama AG600. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close