DomestikHot NewsNews

Citilink Jalin Kerjasama Dengan UMKM Surabaya Terkait SDM

Infopenerbangan,- Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengekspresikan rasa harunya dengan tetesan air mata saat membacakan sambutannya di atas panggung usai melakukan penandatanganan kerjasama Pemerintah Kota Surabaya dengan Maskapai Citilink Indonesia, Kamis (14/9).

Dihadapan puluhan pengunjung yang hadir, Risma mengatakan bahwa di tengah kekhawatirannya atas kelanjutan program pemberdayaan masyarakat yang sedang digalakkannya, Citilink Indonesia merespon tawaran kerjasama lewat program kepedulian dan bersedia membantu baik dalam membantu menyerap tenaga pilot serta awak kabin, dan membantu memperluas akses pasar produk makanan ringan dari  UMKM binaan Pemkot Surabaya melalui penjualan di pesawat-pesawat di seluruh jaringan penerbangan nasional Citilink Indonesia.

“Para kaum perempuan ini saya ambil dari kawasan lokasisasi yang pernah saya tutup tiga tahun yang lalu, kemudian membekali mereka sejumlah keterampilan yang saat ini tergabung dalam asosiasi UMKM binaan Pemkot Surabaya,” tambah Risma.

Kerjasama yang disepakati oleh Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia dengan Pemerintah Kota Surabaya tertuang dalam dalam dua bidang startegis, yaitu pengembangan sumber daya manusia melalui program rekrutmen pilot dan awak kabin, serta  aktivitas bisnis dalam upaya memperluas akses atau jangkauan wilayah pasar produk dari UMKM di jaringan penerbangan nasional yang diterbangi Citilink Indonesia.

“Citilink Indonesia merasa bangga dan terhormat bisa membangun kerjasama dengan pemerintah kota Surabaya, khususnya dalam membuka kesempatan untuk menjadi pilot dan awak kabin (flight attendant) serta kolaborasi dalam perluasan strategi pemasaran kedua belah pihak yang saling menguntungkan,” kata Direktur utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo pada kesempatan yang sama.

Sekolah pilot identik dengan biayanya yang mahal, namun melalui kerjasama dengan Pemkot Surabaya ini akan memberi kesempatan bagi putra-putri daerah yang berprestasi untuk mendapat beasiswa dan bergabung menjadi awak penerbang Citilink Indonesia.

“Saat ini Citilink Indonesia melalui program tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR akan menyekolahkan lima calon pilot warga Surabaya untuk memperoleh lisensi type rating pesawat Airbus A320 sehingga nantinya dapat bergabung dengan keluarga besar karyawan Citilink Indonesia,” kata Juliandra.

Hadir dalam kesempatan itu lima calon pilot warga Surabaya yang akan disekolahkan kembali mengambil lisensi “type rating” pesawat A320.

Lebih jauh Julindra menjelaskan dua hal penting yang mendasari kerjasama dan kedepulian ini, yaitu status kota Surabaya yang merupakan kota kelahiran Citilink Indonesia dan adanya kesamaan visi untuk tumbuh bersama secara berkelanjutan yang saling menguntungkan.

“Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi peningkatan kualitas SDM, terutama kualitas pilot serta awak kabin dan juga dapat mengembangkan usaha UMKM yang dibina oleh Pemkot Surabaya,” tutup Juliandra.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close