Internasional

DEMI CAPAI NET ZERO EMISSION EMIRATES SIAPKAN DANA HINGGA 180 EURO

InfoPenerbangan, – Demi membantu maskapai penerbangan mencapai net zero emission, maskapai penerbanagan Emirates menyiapkan dana 180 juta euro atau setara Rp 2,9 triliun. Dana tersebut digunakan untuk mendanai proyek penelitian dan pengembangan yang bertujuan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dalam penerbangan. 

Maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab tersebut menyiapkan dana yang digunakan untuk meng dekarbonisasi sektor penerbangan, hal tersebut diumumkan pada tanggal 11 Mei 2023 sebelum merilis laporan tahunannya. 

dilansir berdasarkan Euronews dana tersebut untuk mendanai proyek penelitian dan pengembangan yang bertujuan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dalam penerbangan komersial. 

Maskapai penerbangan Emirates tersebut mengatakan pendanaan akan disalin selama tiga tahun. Tujuan dana tersebut untuk membantu industri mencapai target net zero emission. 

Presiden Emirates Tim Clarks mengungkapkan “Jelas bahwa dengan jalur saat ini yang tersedia untuk maskapai penerbangan dalam hal pengurangan emisi, industri kami tidak akan dapat mencapai target net zero emission dalam jangka waktu yang ditentukan,” pada minggu, 14 Mei 2023. 

Maskapai asal EUA ini secara terpisah akan menggunakan apa yang disebut bahan bakar penerbangan berkelanjutan, meskipun masih sangat langka di pasar. Januari 2023, maskapai ini berhasil menerbangkan Pesawat Boeing 777 dalam uji terbang dengan salah satu dari dua mesinnya yang seluruhnya digerakan oleh bahan bakar. 

Pengumuman tersebut datang menjelang Dubai menjadi tuan rumah pembicaraan iklim COP28 pada November 2023. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close