DomestikHighlightHot News

Demi Keselamatan Penerbangan, KNKT Rekomendasikan Runway Bandara Wamena Diperpanjang

Infopenerbangan.com, -Saat ini salah satu kajian yang sedang dilakukan oleh pihak Kemenhub selain runway adalah keberadaan ATC di Bandara Wamena.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengkaji rekomendasi dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menambah landasan pacu (runway) di Bandara Wamena, Papua. Seperti diberitakan detikcom, KNKT meminta runway di Bandara Wamena ditambah dari 2.175 meter menjadi 2.500 meter, menyusul insiden tergelincirnya pesawat Trigana Air.

Namun hal itu masih dikaji, karena Menhub tidak ingin terburu-buru memanjangkan runway di sana.

“Jadi rekomendasi dari KNKT akan kita kaji, apakah memang memanjangkan (runway) jadi salah satu cara untuk menyelesaikan keselamatan (di Bandara Wamena). Kalau jadi satu keharusan akan kita bangun,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi , Minggu (25/9/2016).

“Saya akan diskusi, rekomendasi akan dibahas. Kalau memanjangkan (runway) baru bisa tahun depan, tapi kalau ATC bisa sesegera mungkin,” ujar Budi Karya.

Pesawat Trigana dengan nomor penerbangan TGN 7321 mengalami insiden saat mendarat di Wamena, Selasa (13/9) yang lalu. Pesawat mengalami kerusakan parah, antara lain main gear yang patah dan tertinggal di runway. Mesin pesawat sebelah kiri yang menyentuh aspal dan perut pesawat yang robek. (*/RF)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close