Hot NewsInternasionalNews

Dihantam Badai, Pilot Berhasil Daratkan Pesawat Dengan Kondisi “Buta”

Infopenerbangan,-  Seorang pilot dianugerahi medali kehormatan Order for Courage dari pemerintah Ukraina, atas aksi beraninya mendaratkan pesawat berisi 127 penumpang dalam kondisi “buta”.

Dilansir dari Telegraph, Pilot bernama Alexander Akopov berhasil melakukan pendaratan darurat dengan kondisi kaca kokpit retak sehingga ia sama sekali tidak bisa melihat situasi yang ada di depannya.

Insiden tersebut terjadi pada pesawat Ukraina, Atlasglobal, jenis Airbus A320, yang sedang membawa 127 turis ke Erkan, Siprus Utara. Sesaat setelah lepas landas, di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan tanah, pesawat dihantam hujan es sebesar telur hingga merusak kaca depan dan hidung pesawat.

Hidung pesawat penyok setelah jadi sasaran hantaman hujan es yang ukurannya sebesar bola golf. Kaca depan pesawat pun pecah, yang membuat pilot tak bisa melihat.

Hidung pesawat yang rusak / Telegraph.co.uk

Dalam kondisi darurat, pilot pesawat mendapat izin untuk melakukan pendaratan darurat di Bandara Ataturk, meskipun bandara itu ditutup karena cuaca buruk. Protokol darurat skala penuh diberlakukan dengan mobil pemadam kebakaran dan ambulans bersiaga, saat pendaratan darurat dilakukan.

Dalam rekaman video yang beredar, para penumpang menangis dan berdoa. Pesawat yang tersebut berhasil melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Ataturk, Istanbul. Tepuk tangan penumpang pun terdengar saat roda pesawat itu berhasil menyentuh landasan dengan sempurna. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close