DomestikHighlightHot News

Dua Bandara Ini Memiliki Lalu Lintas Bandara Terpadat di Indonesia

Infopenerbangan.com, -Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan atau AirNav Indonesia mengawasi lalu lintas penerbangan terpadat di dunia.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Bambang Tjahjono menuturkan bahwa lalu lintas penerbangan terpadat di Indonesia yakni di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, dengan rata-rata lalu lintas penerbangan per hari mencapai 1.100 hingga 1.200 penerbangan baik pesawat lepas landas dan mendarat.

Dengan jumlah lalu lintas harian yang mencapai ribuan tersebut menjadikan bandara internasional Jakarta itu sebagai bandara tersibuk di Indonesia. Bandara dengan kepadatan lalu lintas penerbangan lainnya yakni Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dengan rata-rata lalu lintas pesawat lepas landas dan mendarat mencapai 400 unit per hari.

“Pesawat yang lepas landas dan mendarat di Bali per harinya mencapai 400 pergerakan, jadi per jam kapasitas mencapai 25 pergerakan pesawat,” kata General Manajer AirNav Bali, Maskon Humawan ditemui pada kesempatan yang sama.

Dengan kepadatan lalu lintas penerbangan tersebut, AirNav Indonesia mendorong penguatan kerja sama khususnya di kawasan regional Asia Pasifik apalagi di kawasan itu melayani 85 persen ruang udara di dunia.(*/eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close