Uncategorized

Dua Saksi Suap Pesawat Garuda Diperiksa KPK

Infopenerbangan.com,- Kasus korupsi suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C pada PT Garuda Indonesia terus bergulir, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan memeriksa dua saksi yakni mantan Direktur Utama Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia PT Garuda Indonesia Richard Budihadianto dan Vice President Corporate Planning PT Garuda Indonesia Setijo Wibowo, demikian diungkapkan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

“Dua saksi itu diperiksa untuk tersangka Emirsyah Satar,” imbuh Febri,  Jumat (3/3/2017).

Sebelumnya pada Kamis (2/3)  KPK telah memeriksa Direktur Teknik PT Garuda Indonesia 2007-2012 atau Direktur Produksi PT Citilink Indonesia 2012 sampai dengan sekarang Hadinoto Soedigno sebagai saksi.

Menurut dia, keterangan saksi Hadinoto tentu penting bagi penanganan perkara ini dan sejak awal kami sampaikan beberapa saksi dicegah ke luar negeri karena memang penyidik sangat membutuhkan keterangan dari para saksi tersebut.

“Kebutuhan terhadap keterangan saksi itu tentu linier dengan indikasi-indikasi peran saksi dalam rangkaian perbuatan sehingga saksi mengetahui apa yang terjadi pada saat itu,” ujarnya.

Febri menyatakan fakta-fakta yang ada dalam rangkaian peristiwa itu penting untuk kami telusuri lebih lanjut, meskipun tentu saja KPK dalam hal ini penyidik fokus pada pembuktian indikasi suap pada Emirsyah Satar yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Jadi, proses transaksinya yang kami lihat dalam proses pengadaan pesawat dan mesin pesawat tersebut,” ucap Febri. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close